Dari Warkop Sampai “Mengenal Coreldraw”

by aries on July 20, 2014

Postingan ini ‘Mengenal Coreldraw’ merupakan postingan yang telat, karena jauh sebelum membahas tentang hal ini, saya sudah membahas beberapa tutorial coreldraw, seperti cara membuat tabel dan lain sebagainya. Namun, tidak ada salahnya tetap mempublikasikannya.

Sebenarnya ini semua berawal dari cangrukan di warkop kantin ceria dekat rumah saya. Sambil menunjukkan gadget, teman saya bertanya demikian ‘piye carane nambahahi tulisan nang fotoku iki?’ translate Indonesianya adalah ‘bagaimana cara memberikan tulisan pada foto saya ini?’

Definisi & fungsi corel draw

Saya yakin kalau di Google Play Store atau iOS Store ada sebuah aplikasi sederhana untuk melakukan pekerjaan seperti yang diajukan oleh teman saya tadi, namun karena saya belum pernah survei (ini akan menjadi PR buat saya), serta yang saya ketahui dan familiar adalah coreldraw, spontan pertanyaan tersebut saya jawab ‘dengan coreldraw’. Teman saya balik bertanya; lha corel draw itu apa?

Software Corel Draw adalah salah satu software desain yang dikeluarkan oleh Corel Corporation dengan tujuan utama untuk membuat sebuah objek yang berbasis vector. Apa itu vector? Vector adalah sebuah objek yang terbentuk dari sebuah kurva, seperti contoh; kalau kamu lihat sebuah undangan, kartu nama, kartu ucapan, brosur dan sejenisnya. Nah proses desain awal dari semua itu menggunakan coreldraw.

Jadi diciptakannya coreldraw ini sebenarnya untuk membuat sebuah proses desain yang dimulai dari dasar. Misalnya dalam pembuatan kartu undangan, menggambar kartun, membuat desain logo dan lain-lain. Meski demikian, corel draw juga bisa digunakan untuk melakukan pengeditan terhadap suatu objek image (raster) yang ada, hanya saja pengeditan yang dapat dilakukan sangat terbatas dan tidak semaksimal apa yang kita harapakan sebagaimana adobe photoshop. Sebagai contoh; corel draw untuk memaksimalkan resolusi foto agar tidak pecah.

Apa itu image raster? Image ini biasa disebut dengan istilah gambar bitmap yang merupakan  objek yang tersusun dari sebuah warna pixel yang ditampilkan dalam media, misalnya monitor, LCD smartphone, kertas dan lain sebagainya. Kelebihan dari gambar bitmap ini adalah bisa menghasilkan sebuah gambar yang natural namun sayang ukuran filenya terlalu besar, beda dengan objek vector. Untuk memudahkan pemahaman, jika kamu lihat sebuah foto, foto apapun itu yang biasanya dihasilkan dari jepretan kamera, nah itu  namanya adalah gambar bitmap. Dan gambr bitmap itu sendiri memiliki beberapa format, seperti JPG, PNG, BMP, dan GIF.

Program  CorelDRAW  selalu  berkembang  untuk  mengimbangi  permintaan para professional grafis  yang  bekerja  pada  bidang periklanan, penerbitan, percetakan, pembuatan stempel, dan lain-lain. Saat ini program corel draw terbaru adalah veri X7. sedangkan program coreldraw yang masih sering digunakan adalah coreldraw 11 – x6.

Keunggulan  mengolah  gambar  berbasis  vector  adalah  ukuran file hasil  akhir yang  dapat ditekan  seminimal  mungkin  namun  dengan  kualitas  yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap.

Berawal dari ini juga, nanti saya akan membuat ebook tutorial coreldraw tingkat dasar. Sekarang masih proses, jadi sabar dan ikuti terus update dari alltutorial.net.

Jangan lupa, baca juga; apa itu ebook?

Comments on this entry are closed.