Definisi SEO, Manfaatnya & Langkah Sederhana Menjalankan SEO

by aries on December 2, 2013

SEO memang merupakan sebuah kebutuhan untuk blog atau website, artinya blog membutuhkan SOE yang bagus agar semakin cepat terindek oleh search engine yang akhirnya bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Keterangan ini akan sangat mudah dipahami oleh mereka yang sudah lama menggeluti di dunia bloging, namun sangat membingungkan bagi newbie seperti saya, tapi itu dulu :). Sebenarnya SEO itu apa dan apa manfaat serta langkah-langkah menjadikan blog mempunyai SEO yang bagus, simak keterangan berikut ini;

Definisi SEO, Manfaatnya & Langkah Sederhana Menjalankan SEO

Definisi SEO & Manfaatnya

SEO atau Search engine optimization merupakan sebuah proses meningkatkan lalu lintas blog di mata search engine dengan menggunakan aturan-aturan dan algoritma mesin pencarian. Dengan harapan, blog atau web bisa menjadi nomor satu di mesin pencarian sehingga jumlah pengunjung semakin banyak dan tentunya akan ada nilai komersial tersendiri jika trafik sudah bagus.

Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa manfaat SEO adalah bisa mendatangkan banyak pengunjung karena menjadi nomor satu di mesin pencarian, bisa meningkatkan penjualan, dan tentunya bisa meningkatkan daya saing.

Bagaimana langah-langkah menjalankan SEO?

Ada banyak cara melakukan SEO, namun yang akan kita bahas di sini adalah cara yang sederhana, gratis dan mudah untuk dilakukan (tidak perlu menggunakan jasa iklan PPC untuk menaikkan trafik blog). Pertama optimasi seo on page, yang kedua optimasi seo off page.

  1. SEO on page
  • Memasukkan keyword pada title tag, maksimal 70 karakter.
  • Memasukkan meta description (semacam ‘sinopsis’ dari artikel, usahakan memasukkan keyword yang sama dengan title tag) maksimal 150 karakter.
  • Memaksimalkan (tapi jangan over) meta keyword yang relevan dengan artikel.
  • Jika artikel menyertakan gambar, sertakan juga keyword pada ALT tag gambar tersebut. Karena search engine tidak mengenal gambar.
  • Menerapkan internal link building yang relevan.
  1. SEO off page

Untuk yang satu ini, yang harus kamu lakukan adalah memaksimalkan link dari luar yang menuju ke web kamu. Banyak cara untuk melakukannya, misalnya dari social bookmark, atau menjadi guest blogger dari web lain, atau yang sering dilakukan oleh kebanyakan blogger yakni comment di web lain dengan harapan bisa menaruh link yang ada di sana.

Tapi ingat, semua itu dilakukan dalam batas wajar alias tidak over, jika tidak, maka blog atau web kamu bisa ditengarai sebagai spam. Setelah semua dilakukan, kamu juga harus memantau hasil dari perpaduan seo on page dan seo off page. Sudahkan naik peringkat di mesin pencarian dengan keyword yang kamu gunakan.

Satu lagi yang harus kamu catat, SEO ini tidak seperti mie yang kebanyakan instan, jadi slow but sure saja. Terus update artikel dengan menerapkan seo on page dan seo off pagenya dalam batas yang wajar adalah cara terbaik meningkatkan trafik web. Selamat mencoba..

Comments on this entry are closed.