Era Kebangkitan Mobile Gaming Android

by Ummy Tsabit on December 2, 2015

Mobile gaming kini telah mengalami perkembangan yang sangat menakjubkan selama dekade terakhir ini. Coba kita tengok kembali masa 10 tahun lalu atau jauh sebelumnya, kita hanya bisa memiliki sedikit judul game  mobile seperti ‘Space Impact’, ‘Sudoku’, dan yang paling populer tentunya ‘Snake’ untuk kita mainkan jika kita sedang merasa bosan. Tapi lihat sekarang, sudah tersedia ratusan game baru yang ditambahkan dalam daftar game di toko aplikasi untuk setiap harinya. Jadi, mengapa banyak dari kita kini beralih ke smartphone atau tablet untuk memainkan game, bukannya PS atau Nintendo lagi? Inilah tiga alasan utama mengapa industri mobile gaming berkembang begitu pesat saat ini :

kebangkitan mobile gaming

Power

Alasan pasti mengapa game mobile semakin bertambah populer adalah terutama karena game mobile kini semakin bertambah bagus. Para pengembang tidak lagi terbatasi pada piksel layar yang sedikit dan tidak lagi hanya mengandalkan angka 0 hingga 9 untuk mengendalikan permainan. Kamu sudah bisa mengendalikan layar ponselmu layaknya mengendalikan stik game.

Beberapa produk smartphone terbaru, sekarang memiliki kemampuan untuk memproduksi grafis hampir sebaik game konsol. Bahkan, ada smartphone yang grafisnya sangat baik sehingga beberapa game konsol favoritmu seperti Tomb Raider kini juga bisa dimainkan di ponselmu. Nintendo kini juga bahkan mulai mengembangkan game yang khusus untuk pasar smartphone.

Seperti halnya kekuatan dari smartphone, kecepatan jaringan internet yang lebih baik (entah itu dengan teknologi 3G dan 4G) juga semakin mempermudah seseorang untuk bisa bermain game online terbaik dengan berbagai orang dari seluruh penjuru dunia. Kamu sekarang sudah bisa bermain game multiplayer dengan orang dari seluruh dunia tanpa harus terhubung dengan broadband.

Aksestabilitas

Bagi kebanyakan dari kita, mungkin hanya ada sedikit waktu dalam sehari dimana smartphone kita tidak berada dalam jangkauan kita. Smartphone akan senantiasa selalu menemani kita dimana saja kita berada, yang berarti kita juga bisa membawa game kesukaan kita kemana saja kita pergi. Kebosanan saat kita menunggu antrian atau datangnya bis, bisa diisi dengan bermain game di smartphone.

Selain itu, kita juga bisa memulai game dengan cepat pada smartphone. Tidak perlu mencolokkan kabel, menyalakan TV, menunggu loading atau memasang disket, kita sudah bisa langsung membuka game favorit kita dengan sekali tap. Mobile game kini sudah dirancang untuk bisa langsung dipilih dan dimainkan hanya dalam beberapa detik. Begitu pula, kamu juga bisa menutupnya secepat saat kamu membukanya.

Aksestabilitas disini juga berarti bahwa stereotape bahwa game hanya dimainkan oleh pria saja, kini tidak berlaku lagi. Karena, untuk pertama kalinya dalam sejarah gaming, lebih banyak wanita yang memainkan game di ponsel mereka.

Harga

Main game kini juga tak lagi terbatas hanya untuk mereka yang mau mengeluarkan uang banyak untuk membeli konsol atau PC gaming terbaru. Sebagian besar orang sudah memiliki smartphone sendiri-sendiri sehingga mereka sudah mempunyai apa yang mereka butuhkan untuk mulai memainkan game mobile.

Tidak seperti game konsol, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan game baru yang ingin kamu mainkan dalam smartphonemu. Bahkan kini banyak dari game yang tersedia untuk smartphone yang bisa kamu download secara gratis, yang artinya kamu bisa mengakses ke ribuan game tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Namun begitu, para pengembang game masih bisa meraup pundi-pundi uang jika mereka bisa merancang sebuah game dengan ide yang bagus. Sebut saja pembesut game Candy Crush Saga yang mampu memperoleh hingga ratusan juta dollar di tahun 2014 dari pembelian in-app purchase.

Comments on this entry are closed.