Event Pilpres, Google Jadi “Merah Putih”

by aries on July 9, 2014

Saat mengakses www.google.co.id, kamu akan disuguhkan desain tulisan ‘google’ yang mewujudkan pesta demokrasi di tanah air. Ya sebuah desain 3D dengan warna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia dan sebuah kotak suara (sebagi ganti dari huruh G yang kedua) yang memberikan arti pesta demokrasi sedang berlangsung di negara ini. Kalau kamu ingin mendesain seperti itu, baca saja tutorialnya di cara membuat teks 3D dengan coreldraw.

Kembali ke topik masalah desain google tadi. Setiap event, apapun itu yang banyak menyita perhatian sebuah negara apalagi dunia, google pasti ikut andil dalam hal ini dengan membuat sebuah doodle. Memang, pemilihan Presiden kali ini cukup menyita perhatian masayarakan dan bahkan menurut salah satu media, pilpres 2014 bisa menyedot perhatian warga dan menekan angka golput. Masalah pilpres cukup segini dulu, nanti blog saya malah keluar dari jalur. :).

Event Pilpres 2014, Google Merah Putih

Bicara tentang doodle, mungkin  masih banyak yang belum tahu tentang definis atau pengertiannya. Apa sih sebenarnya Google Doodle? Berikut definisi Google Doodle menurut wikipedia;

“Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang support Google. Sudah sejak cukup lama koleksi google doodle yang dimiliki Google sendiri mulai diadakan”

Tampaknya definisi dari Wikipedia sangat cocok dengan apa yang saya utarakan sebelumnya (sebuah event yang menyita perhatian). Sebagai bukti, sebuah logo dari google juga dimodifikasi dalam event piala dunia 2014 kali ini, di mana dua huruf ‘O’ diganti menjadi bendera sebuah negara yang sedang berhadapan untuk memperebutkan tiket babak selenjutnya. Mungkin dini hari nanti logo google yang berwarna merah putih akan diganti dengan bendera Belanda vs Argentina yang akan berjibaku memperebutkan tiket final Piala Dunia Brazil 2014.

Baca; Cara Membuat Logo Piala Dunia Brazil 2014

Google sebagai penguasa internet sejagad raya ini ternyata tidak hanya kali ini saja membuat sebuah doodle untuk negara kita tercinta. Sejak tahun 2009, setiap pada tanggal 17 Agustus yang merupakan hari kemerdekan bangsa Indonesia, google juga ikut merayakannya dengan membuat doodle. Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia, saya ucapkan terima kasih buat Google.

Comments on this entry are closed.