Firmware & Cara Flash Evercoss A12

by aries on August 9, 2015

Salah satu teman saya ada yang minta bantuan untuk mengatasi bootloop pada smartphonenya, yakni Evercoss A12. “Ini habis tak buat sms seperti biasa kok tiba2 mati. Setelah saya hidupkan lagi, bisa nyala namun berhenti pada tulisan EVERCOSS” ujarnya sambil memperlihatkan kondisi hpnya. Untuk mengatasi bootloop seperti ini, saya memberikan dua solusi. Berikut mau tahu apa solusinya dan langkah-langkahnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Factory Reset

Jika smarphone Android mengalami bootloop dan masih bisa masuk mode recovery, dianjurkan untuk melakukan hardreset dengan menekan kombinasi tombol tertentu. Untuk Evercoss A12 ini cara masuk ke mode recovery adalah

  1. HH dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power serta volume up secara bersamaan.
  2. Pilih wipe data factory reset, dengan menggunakan tombol volume. Sedangkan tombol power difungsikan sebagai OK atau ENTER.
  3. Setelah proses factory reset selesai, pilih reboot system. Maka HH akan restart secara otomatis.
  4. Tunggu saja hingga HH kembali nyala normal seperti sedia kala.

Flash Evercoss A12

Jika dengan cara di atas,masih belum berhasil. Maka solusinya adalah dengan flash Evercoss A12. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Download dulu firmware Evercoss A12 dari situs http://bit.ly/1f0U5pD. (Password firmware, hubungi kami di halaman Contact). Driver dari situs http://bit.ly/1Ir9TdN, dan flash tool dari situs http://bit.ly/1E9FgYl
  2. Install drivernya, lalu ekstrak frimaware dan flashtoolnya.
  3. Buka flash tool, klik scatter loading, dan masukkan file scatter dari folder firmware yang sudah didownload tadi.
  4. Setelah itu klik Firmware upgrade.
  5. Tancapkan kabel usb ke pc dan pasang batrennya. Maka secara otomatis flash akan berjalan jika memang kamu sukses dalam penginstalan drivernya.
  6. Jika  ada lingkaran berwarna hijau, berarti proses flash telah selesai. Cabut kabel usbnya, lepaskan batre dan pasang kembali, lalu nyalakan HHnya.
  7. Proses boot awal agak lama, jadi tunggu saja. Itu bukan berarti bootloop stuck sampai di logo saja.


Bagaimana, mudah kan? Jika masih kesulitan kamu bisa lihat  tutoriar videonya di atas. Kalau kurang jelas bisa bertanya melalui kolom komentar yang telah disediakan.

Catatan: Meski sukses diflash, namun sayang masih ada satu kendala, yakni IMEI-nya tidak terdeteksi atau invalid Imei. Untuk itu saya menggunakan MTKDroidTool untuk mengatasi invalid IMEI Evercoss A12 ini.

Astaman September 11, 2015 at 11:21 am

mas boleh minta password file rar nya ?? saya sudah minta via sms mohon di respon ya,, trims

anonymous December 22, 2015 at 10:30 am

kok tombol volume downnya Sama powernya buat enter Gak fungsi gan.. tolong

Aris Ahmad February 15, 2016 at 3:48 pm

Gak fungsi saat apa om. masuk cwm atau gmn om..?

Comments on this entry are closed.