Firmware dan Cara Flash Lenovo A1000

by aries on August 22, 2017

Lenovo A1000 merupakan smartphone imut keluaran Lenovo dengan bodi berukuran 124,5 x 64 x 10.6 mm dan bobot 132 gram. Lenovo A1000 ini menggunakan chipset Spreadtrum, bukan MTK. Di sini saya tidak akan membahas tentang spesifikasi secara detil, hanya saya singgung jenis CPU-nya saja agar memberi pengertian atau gambar tentang tool yang digunakan melakukan flashing ketika Lenovo A1000 mengalami bootloop atau error system yang tidak bisa diatasi hanya dengan hard reset.

Lenovo A1000 yang masuk servisan kali ini punya kasus yang aneh. Mengapa saya katakana demikian?. Karena Lenovo A1000 ini ketika saya nyalakan tidak bisa, padahal tombol power aman alias normal dan suplay daya baterai masih cukup. Namun, ketika dicas masuk (ada indikator pengisian baterai).

Seperti ini jelas tidak bisa dilakukan hard reset dengan menekan kombinasi tombol karena Lenovo A1000 sama sekali tidak nyala (tidak ada display di layar). Namun, saya tidak kehabisan daya. Sebagai pengganti dari tombol power, saya gunakan dengan cara dicas kemudian sambil menekan tombol volume bawah. Logo lenovopun jadi muncul sesaat setelah itu. Namun sayang, beberapa detik kemudian dia langsung mengalami blank biru kemudian jadi warna-warni kaya pelangi. Melihat seperti ini ada gejala rusak EMMC, saat itu pikiran saya mengarah ke sana. Namun hal ini tentu kita tidak tahu pasti jika belum dilakukan flashing, untuk itu siap dengan segala saya resiko saya lakukan flashing. berikut langkah-langkahnya;

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Download firmware Lenovo A1000 A1000_USR_S29576_151021_ROW
  2. Lenovo A1000 ini menggunakan chipset Spreadtrum, berarti tool flashing yang dibutuhkan adalah UpgradeDownload atau ResearchDownload.
  3. Agar proses flash bisa berjalan, kita juga butuh driver coding atau driver SCI. Jangan lupa install terlebih dahulu driver ini.
  4. Semua file yang dibutuhkan sudah dijadikan dalam satu link yang bisa agan download dari http://bit.ly/2vb0IPz.

Cara Flash Lenovo A1000

Untuk cara flash Lenovo A1000 sama seperti flash HP dengan chipset spreadtrum pada umumnya. Hanya saja yang perlu diketahu adalah saat konek ke PC harus sambil ditekan dan tahan volume atas. Untuk mempermudah tentang cara flash Lenovo A1000, berikut ini kamis sertakan panduan berupa tutorial videonya.

{ 1 comment… read it below or add one }

ashraf August 26, 2017 at 8:47 am

thank you

Leave a Comment