Firmware dan Cara Flash Lenovo A2010

by aries on November 26, 2016

Beginilah jadinya kalau melakukan servis HP tanpa mengetahui dengan jelas kerusakannya, harus kerja dua atau bahkan lebih dengan bayaran yang sama 🙂 . Namun, apapun itu ambil sisi postifnya saja.

Setelah sukses hard reset Lenovo A2010 yang mengalami lola atau loding lambat, akhirnya selang sehari Lenovo A2010 tersebut kembali ke konter kami untuk melakukan reservis. User bilang suka download aplikasi sendiri, secara otomatis HP akan terasa berat atau lola.

Berarti bisa dibilang, kemarin itu lola gara-gara ada virus sehingga download-download sendiri dan secara otomatis HP jadi lola karena kebanyakan aplikasi. [begitu kataku dalam hati]

Kalau ada indikasi virus sperti ini, maka hard reset atau factory reset tidak akan menyelesaikan masalah karena virus sudah masuk ke system. Jadi solusinya adalah dengan cara flash Lenovo A2010. Berikut langkah-langkahnya.

Persiapan sebelum flash

Backup dulu rom aslinya dengan MTK Droid Tool. Kalau mau lebih simple bisa backup dengan Miracle Box. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengantisipasi jika ROM yang kita gunakan tidak cocok, terutama pada bagian file preloader. Karena ketidakcocokan akan membuat Lenovo A2010 matot atau hardbrick.

Tool yang diperlukan

  1. Download SP Flash Tool dari http://bit.ly/2dcnNHA, lalu ekstral
  2. Download MTK Driver dari http://bit.ly/1Ir9TdN, ekstrak lalu install
  3. Download Firmware Lenovo A2010 dari http://bit.ly/2gJXKxU lalu ekstrak [ password: Tested@alltutorial.net ]

Cara Flash Lenovo A2010

  1. Buka SP Flash Tool, lalu klik scatter-loading dan masukkan file scatter yang berada di folder firmware Lenovo A2010 yang sudah kita ekstrak tadi.
  2. Kalau kasusnya HP kena virus, disarankan pilih Firmware upgrade. Tapi hal ini beresiko HP matot jika preloader tidak cocok. Makanya tadi saya katakana backup dulu rom aslinya.
  3. Setelah itu, klik Download – Lenovo A2010 dalam keadaan off, konek ke PC.
  4. Jika MTK driver sudah terinstall dengan benar, secara otomatis proses flash akan berjalan dengan muncul warna merah – hijau – unggu – lalu kuning.
  5. Proses flash Lenovo A2010 akan selesai setelah muncul notifikasi Download Ok.
  6. Cabut kabel USB, lalu nyalakan HP dengan menekan tombol power. Tunggu prosesnya sampai Lenovo menampilkan tulisan Welcome.

Untuk mempermudah tentang cara flash Lenovo A2010, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Untuk kasus Lenovo A2010 matot setelah flash dan muncl pesan eror DRAM FAIL 4032 setelah coba flash ulang, coba flash ulang lagi dengan berbagai firmware Lenovo A2010. Dengan harapan, salah satu firmware tersebut preloader ada yang cocok.

Tapi, kalau Anda sudah backup ROM sebelumnya, tinggal ambilkan file preloader dari hasil backup. Saja. Tidak perlu cari-cari firmware Lenovo A2010 yang lain.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment