Firmware dan Cara Flash Lenovo A319

by aries on March 5, 2017

Untuk Lenovo A319 bisa dikatakan merupakan tipe atau seri Lenovo yang sudah cukup lawas. Namun, baru beberapa hari yang lalu untuk pertama kalinya saya dapat servisan tipe ini. Sebelumnya memang sudah ada yang masuk untuk tipe ini, hanya saja saat itu cukup dilakukan hard reset, Lenovo A319 sudah done.

Nah, untuk yang masuk saat ini ternayata tidak bisa diatasi dengan hanya melakukan hard reset. Untuk itu, saya akan menerapkan metode flashing. Berikut langkah-langkanya;

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Download firmware Lenovo A319 ROW DS S318 dari http://bit.ly/2lSVXoU, lalu ekstrak
  2. Download MTK driver dari http://bit.ly/1Ir9TdN, lalu install
  3. Download SP Flash Tool dari http://bit.ly/2dcnNHA

Cara Flash Lenovo A319

Ingat, Lenovo A319 yang akan kami flash ini adalah ROW_DS_S318. Jadi pastikan ROW Lenovo A319 milik agan juga sama. Cara mengetahuinya cukup mudah, kita tinggal masuk ke Android system recovery dengan menggunakan tombol hard reset Lenovo A319 tersebut.

  1. Jalankan SP Flash tool, klik scatter-loading lalu masukkan file scatter dari folder firmware Lenovo A319 yang sudah kita ekstrak tadi
  2. Jangan centang preloader jika kita tidak mempunyai file backup, berarti mode flashnya adalah Download only (tidak bisa firmware upgdre atau Format all + download).
  3. Klik Download di SP Flash tool
  4. Lenovo A319 dalam keadaan mati dan terpasang baterai konekikan ke PC denganmenggunakan kabel USB.
  5. Tunggu beberapa saat, jika proses flash tidak berjalan. Coba ulangi langkah No. 4 diatas. Namun sebelumnya mohon lepas dan pasang baterai dulu.
  6. Proses flash akan berjalan dengan muncul warna merah, kemudian warna kuning. Hanya dua warna ini karena flashing yang digunakan adalah mode Download only. Kalau Firmware upgradre ataupun Format all + download akan muncul warna merah – hijau- ungu – lalu kuning.
  7. Proses flash akan selesai setelah muncul notifikasi Download Ok di SP Flash tool
  8. Lepas Kabel USB, lalu coba nyalakan Lenovo A319. Tunggu beberapa saat sampai HP tersebut berhasil masuk ke setup awal.

Untuk memperudah tentang cara flash Lenovo A319, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment