Firmware dan Cara Flash Lenovo A536

by aries on May 15, 2017

Sudah satu minggu yang lalu, masuk servisan Lenovo A536. Sebenarnya kondisi Lenovo A536 nyala dan sikalas normal. Namun, melihat ciri-ciri yang ada seperti ada gejala kerusakan EMMC. Filing saya mengarah kerusakan EMMC. Untuk itu, saya terlebih dahulu konfirmasi terkait resiko apabila dilakukan flashing. Karena, user tidak sepakat atau tidak mau kalau HP tersebut jadi matot untuk itu servisan di cancel.

Nah, kurang dari satu minggu usernya datang lagi ke konter bawa Lenovo A536 dalam keadaan sudah matot. Setelah saya tanyakan, dia tidak bisa menjelaskan secara detil, hanya memberi alasan klasik seperti ini “tiba-tiba HP mati mas saat buat main game”.

Melihat ciri-ciri ya memang sepertinya ada gejala EMMC, namun sebelum mengarah ke sana tidak ada salahnya kita maksimakan dari sisi softeware. Toh kondisi datang mati, jadi tidak ada resiko untuk eksperimen. Hehe.

Tentu saja yang akan kami lakukan di sini adalah dengan melakukan flashing Lenovo A536 tersebut. berikut langkah-lankahnya;

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Lenovo A536 merupakan smartphone dengan chipset MTK. Untuk itu agar proses flash bisa berjalan tentu kita butuh yang namanya dirver MTK. Driver ini bisa agan downalod dari http://bit.ly/1Ir9TdN, setelah itu ekstrak lalu install drivernya.
  2. Untuk melakukan flash Lenovo A536, kita juga butuh tool flashing yang tidak lain adalah SP Flash Tool yang bisa agan download dari http://bit.ly/2dcnNHA. Jangan lupa ekstrak setelah selesai download.
  3. Selanjutnya kita butuh satu file lagi, yakni firmware Lenovo A536 yang bisa agan downalod dari http://bit.ly/1M54As1, lalu ekstrak.

Cara Flash Lenovo A536

  1. Jalankan SP Flash Tool
  2. Klik scatter-loading dan masukkan file scatter yang ada pada folder firmware Lenovo A536
  3. Karena Lenovo A536 ini kondisi matot langsung pilih opsi Firmware Upgrade. Setelah itu, klik Download yang ada di SP Falsh Tool
  4. Konek Lenovo A536 ke PC dengan kabel USB. Setelah konek baru pasang baterainya.
  5. Proses flash akan berjalan dengan muncul warna merah – lalu hijau – ungu – baru kemudian kuning.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses flash selesai dengan muncul notifikasi Download Ok di SP Flash Tool.
  7. Lepas lalu pasang lagi baterainya, nyalakan Lenovo Lenovo A536. Jika tidak menyala (padalah baterai jelas isi) bisa dipastikan EMMC yang kena.
  8. Jika menyala, berarti HP masih bisa tertolong. Namun jika ternyata HP tersebut kumat lagi, memang benar berarti EMMC sudah memberikan tanda lampu kuning. Cepat atau lambat HP akan matot.

Untuk mempermudah tentang cara flash Lenovo A536, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment