Firmware dan Cara Flash Oppo F1F atau F1FW

by aries on November 14, 2017

Sebagaimana kita ketahui, HP Android semakin lama akan semakin terasa lemot, entah dikarenakan adanya penginstalan aplikasi atau tambahan data. Bahkan jika kondisi hardware tidak mampu mencover kebutuhan systemnya HP Android akan menjadi hang atau bahkan jadi bootloop.

Kalau hanya sekedar hang, kita bisa lakukan restart HP atau langsung mencabut baterainya, namun jika bootloop maka soluisnya adalah dengan melakukan hard reset. Hard reset adalah melakukan setingan HP ke setelan pabrik dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu, sehingga secara otomatis data yang tersimpan dalam memory internal atau aplikasi akan terhapus, kecuali aplikasi bloatware.

Jika dengan hard reset ternyata tidak banyak membantu (HP masih tetap saja bootloop) maka solsinya adalah dengan melakukan flashing. Flashing itu sendiri metodenya berbeda-beda tergantung merek dan seri HP Androidnya. Sebagai contoh, di sini saya akan melakukan Flash Oppo F1F atau F1FW. Berikut langkah-lagkahnya;

Tool dan file

Untuk melakan flashing, kita membutuhkan beberapa tool dan file sebagai berikut;

  1. QUALCOMM driver, install setelah selesai download
  2. Firmware F1F/ F1FW
  3. Msm8x39DownloadTool merupakn tool untuk melakukan flash Oppo F1F/ F1FW.
  4. Semua yang dibutuhkan di atas bisa download pada link http://bit.ly/2igd2to [credit to firmware27.net]

Cara Flash Oppo F1F/ F1FW

  1. Masuk download mode 9008. Awalnya saya iseng dengan menggunakan kabel EDL Xiaomi untuk masuk mode download 9008, ternyata tidak bisa. hehe. Paling tidak sudah mencoba jadi hilang rasa penasaran ini. Untuk masuk mode download 9008, Oppo F1F dalam keadaan off, tekan dan tahan kedua tombol volume sambil konek ke PC dengan kabel USB.
  2. Cek di devices manager pc, pastikan di sana sudah terbaca Qualcomm HS QD-loader 9008.
  3. Buka Msm8x39DownloadTool, pilih angka yang sdh terdapat com devices, lanjut klik start dan tunggu sampai poses flash selesai.
  4. Proses flash akan selesai dengan muncul notifikasi tulisan USB download completed berwarna hijau.
  5. Cabut kabel USB, tekan dan tahan tombol power kurang lebih 10-20 detik.
  6. Selanjutnya kita tinggal setting sesuai kebutuhan seperti seting lokasi, seting bahasa dan lain sebagainya

Untuk mempermudah tentang cara flash Oppo F1F atau F1FW, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Metode seperti tidak hanya untuk OPPO F1F/ F1FW bootloop, tapi juga bisa untuk yang matot asal masih bisa masuk download mode dengan metode yang sudah saya jelaskan di atas atau metode lainnya.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment