Firmware dan Cara Flash Tab Advan T1F

by aries on September 16, 2016

Seperti kita ketahui, kerusakan software pada smartphone Android yang tidak bisa diatasi dengan metode hard reset berarti solusinya adalah dengan menerapkan opsi flashing. Flash atau install ulang pada smartphone Android lebih efektif untuk memperbaiki kerusakan software seperti hang logo atau bootloop, lemot atau lola akibat virus, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesemapatan kali ini saya akan membahas tentang cara flash Tab Advan T1F . Namun sebelum melakukan flash, sangat disarankan untuk membackup ROM aslinya dengan MTK droid tool untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti preloader yang tidak cocok sehingga bisa berakibat matot pada Tab Advan T1F tersebut. Setelah backup selesai, langsung saja kita lakukan flash Tab Advan T1F, berikut langkah-langkahnya;

  1. Download SP Flash Tool versi 5 dari http://bit.ly/2cEj5T6 lalu ekstrak
  2. Download MTK driver dari http://bit.ly/1Ir9TdN, ekstrak lalu install
  3. Download Firmware Advan T1F dari http://bit.ly/2cwyjfo [ pass: AdvanT1Ffull ], lalu ekstrak
  4. Buka SP Flash Tool, lalu klik Scatter-loading dan masukkan file scatter yang ada di folder firmware Tab Advan T1F yang sudah kita ekstrak tadi.
  5. Jika Anda tidak membackup ROM aslinya, sebaiknya jangan centang preloader. Setelah itu, klik Download di SP Flash Tool. Dengan demikian kita tidak bisa menerapkan metode firmware upgrade (cuman download only) karena ada yang tidak dicentang.
  6. Jika kita ingin Firmware upgrade di SP Flashtool, otomatis semua harus dicentang. Jadi lebih baik backup dulu buat jaga-jaga jika preloader tidak cocok.
  7. Tab Advan T1F dalam keadaan OFF, sambungkan ke PC dengan kabel USB.
  8. Jika MTK driver sudah terinstall dengan benar, secara otomatis proses flash akan berjalan sebagaimana mestinya.
  9. Proses flash Tab Advan T1F ini akan selesai jika sudah muncul lingkaran berwarna hijau.
  10. Setelah itu, cabut kabel USB dan coba tekan tombol power Advan T1F-nya.

Untuk mempermudah tentang cara flash Tab Advan T1F, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Jika proses flash sukses namun tidak demikian dengan hasilnya, ada indikasi telah terjadi kerusakan pada memori internalnya atau biasa disebut rusak EMMC.

{ 2 comments… read them below or add one }

edriant September 23, 2016 at 12:22 pm

mohon bantuan GAN .. sy punya tablet T1F , semua yang di butuhkan sudah di download GAN. MTK – SP flash tools – stock rom. tapi tablet saya tidak bisa konek ke pc GAN.

kalau ada waktu, share ke email saya GAN, edriantcaniago@gmail.com

terimakasih banyak gan … di tunggu Ya.

aries September 23, 2016 at 1:47 pm

Driver MTK-nya gmn bos..? sdh diinstall

Leave a Comment