Fitur Canggih Lenovo Vibe UI

by Ummy Tsabit on February 17, 2016

User Inrterface alias UI yang telah dikostumisasi sudah lumrah menjadi satandar dikalangan smartphone bermerek, seperti halnya Samsung dengan TouchWiz UI nya, HTC dengan HTC Senses UI, dan Xiaomi dengan MIUI. Lenovo pun juga tak mau ketinggalan dengan mengusung Lenovo Vibe UI pada jajaran smartphone miliknya seperti pada Lenovo Vibe Z2 Pro, Lenovo Vibe X2, Lenovo A7000, Lenovo A6000, dan masih banyak seri yang lain. Lenovo Vibe UI diklaim oleh Lenovo memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh UI besutan smartphone yang lain. Penasaran dengan fitur canggih apa saja yang terdapat dalam Lenovo Vibe UI? Simak ulasannya berikut ini;

lenovo Vibe UI 2.0

Fitur unggulan Lenovo Vibe UI

Ada beberapa fitur menarik yang terdapat pada Lenovo Vibe UI, karena mereka tidak menggunakan kendali gesture smartphone yang biasanya (seperti menggunakan goyangan tangan diatas layar untuk berpindah tabulasi atau halaman). Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh Lenovo Vibe UI :

Secure Zone

Secure Zone adalah ruangan terpisah yang ada pada perangkatmu yang memiliki wallpaper dan aplikasi tersendiri. Bisa dibilang, hal ini layaknya ruang rahasia untuk melindungi segala sesuatu dimana kamu tidak ingin orang lain melihatnya, atau mungkin kamu hanya sekedar menyukai dengan ide memiliki privasi.

Secure Zone pada Lenovo Vibe UI akan memungkinkanmu untuk menerima notifikasi dari zona normal (yang tidak berada dalam secure zone) dan begitu juga sebaliknya. Jika kamu berada di normal zone dan ternyata ada notifikasi di secure zone, pengguna akan melihat notifikasi dengan tanda titik merah kecil di bagian layar home screen. Tap pada tanda tersebut dan unlock secure zone untuk melihat apa yang sedang terjadi. Ada juga tombol mengambang yang akan memungkinkanmu dengan mudah menavigasikan antara dua zona tanpa harus susah payah.

Untuk bisa mengaktifkan Secure Zone, kamu tinggal pergi ke menu Setting dan kamu akan menemukan beberapa opsi Secure Zone management.

Stock Android

Tidak seperti Touch Wiz atau HTC Sense yang tidak bisa diganti, Lenovo memungkinkan para penggunanya untuk meniadakan Lenovo Vibe UI dan menggunakan user interface stock Android asli yang belum diedit. Jadi jika kamu ingin beralih ke stock Android UI, maka kamu bisa menonaktifkan Vibe UI. Dan bahkan meski kamu sudah menonaktifkan Lenovo Vibe UI, kamu masih bisa menggunakan fitur Secure Zone dan fitur yang lainnya.

Micro Screen

Jika kamu menggunakan ponsel Lenovo dengan ukuran layar yang luas seperti pada Lenovo Vibe Z2 Pro yang berukuran 6 inchi, maka kamu mungkin ingin menciutkan ukuran layarnya ke ukuran yang mobile friendly. Menggunakan fitur Micro Screen, dimana hanya dengan menggunakan ibu jari, kamu tinggal menarik huruf C dari tepi atas layar perangkat hingga ke dasar untuk mengaktifkan fitur mini screen yang akan sangat berguna bagi user yang terbiasa mengoperasikan smartphone dengan satu tangan (one handed).

Wide Touch

Fitur Wide Touch akan menciptakan menu yang mengambang yang akan menyediakan akses cepat menuju beberapa aplikasi penting seperti kamera, kalkulator, dan yang lain. Ini merupakan fitur yang berguna, jika kamu tidak terganggu dengan menu floating yang akan terus berada di layar home screen sepanjang waktu, dimana fitur ini juga terdapat dalam perangkat Apple yang menggunakan iOS.

Smart Dialer

Dengan fitur Smart Dialer, antarmuka Dialer akan mengikuti arah dari layarmu. Jika kamu memiringkan smartphone nya ke kiri, maka dial-pad juga akan bergeser ke kiri.

Pocket Mode

Fitur Pocket Mode Lenovo akan meningkatkan volume dari dering ketika ponselmu ada di saku baju. Fitur ini juga akan berfungsi ketika ponsel berada di dalam tas atau tempat penyimpanan yang lain.

Pocket Dial Preventation Mode

Kebanyakan dari kita tentu pernah mengalami situasi dimana touch screen akan secara tidak sengaja terpencet ketika ponsel berada didalam saku baju. Seringkali juga banyak aplikasi yang tidak sengaja terbuka, atau ada SMS yang tak sengaja terkirim ketika kita tidak waspada. Lenovo menawarkan mode pocket dial preventation, dimana sensor jarak akan mendeteksi permukaan ketika layarnya ditutupi dan akan menonaktifkan semua fungsi sentuhan.

Smart Camera mode

Mode ini sangat cocok bagi pengguna amatir yang hanya sekedar ingin menjepret dan memotrte saja. Fitur ini akan menyingkirkan semua fitur canggih (advanced) dan akan menyederhanakan interface kamera untuk para pengguna ponsel yang masih awam.

Professional Camera Mode

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa memiliki akses ke fitur DSLR dan fitur advance keren lain yang disembunyikan di fitur smart camera mode. Fitur ini cocok bagi user yang sudah mahir dan terbiasa menggunakan kamera dslr dan ingin menyempurnakan serta mengkostumisasi setiap jepretan foto yang diambil.

Comments on this entry are closed.