Fitur Tersembunyi Android Marshmallow

by Ummy Tsabit on December 28, 2015

Marshmallow merupakan versi Android terbaru yang dirilis oleh Google pada awal Oktober lalu. Meski sudah agak terlambat, namun masih cukup layak apabila kali ini akan kami bahas mengenai fitur-fitur menarik tersembunyi dari Android M ini, karena masih banyak pengguna yang ternyata belum begitu faham mengenai penawaran keren dari OS yang menggambarkan sejenis kembang gula bertekstur lembut dan kenyal ini. Penasaran dengan fitur tersembunyi apa saja yang ditawarkan oleh Android Marshmallow? Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

fitur android marshmallow

System UI Tuner

Akses Cepat atau Sistem UI Tuner yang sebelumnya hanya bisa kita nikmati melalui Custom ROM kini akhirnya telah mendapatkan ruang tersendiri di Android yang asli (Stock ROM). Bar notifikasi pull down sekarang sudah bisa menampilkan lampu torch (senter), hotspot, Bluetooth, airplane mode, dan rotasi layar. Semua fitur ini juga bisa ditambahkan atau di tiadakan dari bar ini begitu juga bisa diposisikan ditempat yang sesuai dengan pilihan kita.

Drawer aplikasi dan kotak pencarian yang baru

Menurut sebagian orang, drawer aplikasi terbaru dari Android mungkin tampak agak terlalu berwarna putih dan agak terlalu berdempetan (kurang lega), namun meski begitu fungsinya memang benar-benar telah ditingkatkan. Misalnya saja, sekarang sudah ada kolom pencarian aplikasi atau app search yang bisa kamu manfaatkan jika kamu telah menginstal aplikasi yang sangat banyak, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari dan menemukan letaknya. Selain itu, aplikasi yang paling kamu gunakan akan berada di barisan paling atas untuk akses yang lebih cepat.

Aplikasinya kini juga diurutkan berdasarkan alafabet agar bisa dilihat dengan jelas begitu juga kamu bisa menggulirnya berdasarkan urutan abjadnya. Penggulirannya kini juga kembali dilakukan secara vertikal (dari atas ke bawah, bukan dari samping), dan ini semakin memudahkan para penggunanya.

Ranah backup aplikasi yang semakin komplit

Ini sendiri merupakan fitur yang sangat penting, namun yang mengejutkan ini tidak dibeberkan Google saat presentasi peluncuran Marshmallow. Android kini akan secara otomatis mem-backup semua settingan aplikasi dan preferensi kedalam Google Drive. Hal ini merupakan selangkah lebih maju untuk membawa Android ke tingkat set up aplikasi dimana Apple telah menyediakannya untuk setup perangkat terbarunya. Aplikasi tidak akan diinstal kembali (reinstall) namun mungkin cukup hanya di setup ulang.

Hal ini juga tidak memerlukan kompatibilitas dari sisi aplikasi, karena sudah terbangun langsung dalam Android M itu sendiri. Sebagian besar pengguna mungkin takut bahwa proses ini akan memakan tempat penyimpanan Google Drive mereka yang biasanya hanya menyediakan ruang 5GB. Namun untuk saat ini, backup untuk tiap aplikasi hanya terbatas sebesar 25MB, sehingga tidak akan terlalu banyak memakan tempat. Dengan kata lain, sekali aplikasi sudah di setup, maka kamu mungkin tidak perlu melakukannya lagi.

Bisa melakukan uninstall aplikasi langsung dari Home Screen

Mungkin kamu masih ingat, kalau dulu jika kita hendak mencopot pemasangan (uninstall) sebuah aplikasi yang sudah jarang atau tidak pernah kita pakai sama sekali, kita harus membuka drawer aplikasi untuk melakukannya, atau yang lebih ribet lagi, kita harus pergi ke menu Setting > Apps > mencari aplikasi yang hendak diuninstall didalam daftar yang sangat panjang. Namun kini hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana, dan tidak membuang banyak waktu tentunya. Mencopot pemasangan sebuah aplikasi kini hanya tinggal dengan menekan agak lama aplikasi yang ingin diuninstall langsung dari layar Home Screen atau App Drawer, lalu seret ke opsi Uninstal di pojok kanan atas.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.