Flash Sukses, Namun Android Masih Bootloop

by aries on November 21, 2015

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Brom error s_ft_enable_dram_fail (4032)”. Jadi pastikan kamu sudah membaca artikel tersebut sebelum menyimak mengenai masalah “flash sukses, namun Android masih tetap bootloop”.

Kasus seperti ini lebih sering terjadi pada Android yang sudah matot, tapi terkadang juga bisa terjadi pada Android yang bootloop. Artinya Android dalam keadaan bootloop di flash sukses, namun masih tetap saja bootloop (hanya stuck di logo atau hang logo saja).

Sedangkan untuk Android yang masih nyala, (misalnya masalah lupa pola atau kata sandi dan eror unfortunately atau yang lainnya) ketika diflash bisa kembali normal alias tidak bootloop lagi. Tentunya hal ini dengan catatan, cara flashingnya sudah benar. Terutama untuk Samsung replika yang metode flashnya agak lumayan ribet. Untuk itu, yang kebetulan punya Samsung replika harus tahu cara flash yang benar.

Ketika Anda mengalami kasus seperti ini, biasanya disebabkan flash dengan firmware yang tidak komplit (tidak mengikut seratakan file usrdata dan cache). Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah cari firmware yang komplit. Jika ternyata firmware yang full tidak menemukan di Google, kamu bisa cari teman atau sodara yang mempunyai HP Andoid yang sama persis seperti milikmu. Setelah itu, ambil rom-nya dari HP tersebut untuk digunakan flash Android milikmu. Mengenai hal ini, kamu bisa baca cara backup rom dengan MTK droid tool.

Setelah mempuyai firmware yang komplit, coba flash ulang dan hasilnya pasti sukses. Kalau ternyata tidak sukses, berarti ada kerusakan pada EMMC-nya. Solusinya ya ganti EMMC-nya. Namun, mengenai hal ini sebaiknya diserahkan kepada konter yang memang sudah berkompeten, terutama dalam men-servis dari sisi hardware. Kalau nggak mau ribet, ya ganti saja dengan Android yang baru yang lebih fresh. Hehehe

Catata: ini hnyalah sekedar pengalaman saya selama belajar ilmu Android J. Jadi bisa saja salah. Untuk itu mohon koreksinya atau mugkin ada penambhan keterangan, silahkan sempurnakan di kolom komentar yang telah disediakan. Sekian terima kasih.

Comments on this entry are closed.