Gebrakan Baru Qualcomm Dengan Snapdragon 820

by Ummy Tsabit on October 22, 2015

Qualcomm, dikenal sebagai penyedia chipset yang memiliki kinerja stabil dan tidak lekas panas. Pabrikan asal Amerika Serikat ini baru-baru saja meluncurkan produk-produk terbarunya dalam helatan “Qualcomm 3G/LTE Summit” di Hongkong. Salah satu produk tergress dari Qualcomm Technologies adalah prosesor Snapdragon 820. Lalu apa yang ‘istimewa’ dari prosuk ini? Simak ulasannya berikut ini :

Review Bahasa Indonesia Qualcomm Snapdragon 820

Inovasi baru

Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 820 mampu memberikan aksesbilitas bandwith mobile data tingkat tinggi yang mencapai hingga 600 Mbps untuk downstream dan 150Mbps melalui LTE-advanced (X12 LTE). Selain itu, Snapdragon 820 juga sudah dijejali dengan empat inti kustom 64-bit Kryo, sehingga tidak usah lagi menggunakan solusi standar Cortex. Dengan prosesor Kryo yang dirakit melalui proses 14nm FinFET milik Samsung, dijamin akan mampu memperingan kinerja baterai. Dan kabarnya, raksasa ponsel asal Korsel, Samsung sedang sibuk menguji kinerja Qualcomm Snapdragon 820 ini untuk diterapkan dalam flagship terbarunya untuk generasi mendatang, Samsung Galaxy S7. Jadi penasaran menunggu kehadiarannya.

Berbicara soal prosesor, tentu tak bisa lepas dengan GPU dan RAM. Kabarnya, arsitektur 64 bit dengan prosesor Quad core Kryo dalam Snapdragon 820 sudah pernah dicoba dipasangkan dengan GPU Adreno 530 dan Hexagon 680 DSP. Dalam uji coba tersebut, Qualcomm mengklaim telah mengalami peningkatan performa hingga 40 % dengan daya tahan baterai yang juga lebih hemat. GPU pad chip ini juga diklaim bisa menangani output gambar atau video hingga mencapai 4K @60fps.

Terobosan baru yang impresif lainnya adalah teknologi ISP yang bar, yakni Camera Image Signal Processor yang mampu menangani piksel kamera kecil dengan lebih baik, peningkatan performa dalam kondisi minim cahaya,, dan hybrid autofokus.

Snapdragon 820 bahkan juga telah mendukung teknologi Wi-Fi terkini 80211 ad yang mendukung kecepatan hingga multigigabit. Bayangkan, dengan Snapdragon 820 ini, kamu dapat melakukan video streaming dengan resolusi 4K Ultra HD secara beruntun tanpa macet, melakukan screen mirroring secara instan ke televisi, hingga mem-backup banyak file foto ke jaringan penyimpanan onlijne (cloud) hanya dalam waktu hitungan detik saja. Wow!

Smart protect

Tak hanya kinerja saja yang semakin dioptimalkan, namun Qualcomm juga meningkatkan fitur keaman untuk Snapdragon 820. Prosesor ini mampu mendeteksi adanya ancaman malware. Fitur anti-malware ini akan mulai tersedia pada ser i prosesor Snapdragon 820 yang rencananya akan mulai dirilis tahun depan. Dengan adanya fitur canggih ini, memungkinkan software untuk menagkal dan memblokir bahkan menghapus malware sebelum ia berhasil merusak smartphone pengguna.

Prosesor keluaran terbaru dari Qualcomm ini bisa memantau perilaku aplikasi yang dipasang di perangkat pengguna, kemudian akan mendeteksi dan mengklasifikasikan setiap aktivitas yang mencurigakan atau tidak wajar. Cara kerjanya pun juga agak berbeda dari kebanyakan aplikasi anti-malware biasanya. Dengan adanya fitur Smart Protect dari Qualcomm akan memantau secara menyeluruh semua proses yang bekerja didalam smartphone.

Quick charge 3.0

Dalam Snapdragon 820 juga diperkenalkan teknologi pengisian daya cepat alias fast charging yang diberi nama Quick Charge 3.0. teknologi ini diklaim mampu mengisi baterai empat kali lebih cepat dibandingkan dengan pengisi daya konvensional. Versi 3.0 ini didesain mampu mengisi daya dua kali lebih cepat dibanding dengan yang versi 1.0 dan 38 persen lebih cepat dibanding dengan yang versi 2.0.

Comments on this entry are closed.