Hal-hal Yang Tak Boleh Kamu Lakukan Pada Ponsel Androidmu

by Yaniar Asmara on June 3, 2017

Ponsel Android bisa berarti banyak hal bagimu; ia merupakan salah satu benda paling berharga yang menyimpan semua data-data pribadimu, menjadi sebuah simbol akan siapa dirimu sesungguhnya, dan bisa menjadi teman yang senantiasa menamani di setiap waktu. Meski begitu, banyak dari kita yang tidak melindungi ponsel Android dengan benar, sembrono dalam menyimpan data-data penting, atau kita melakukan suatu kecerobohan yang bisa membahayakan data atau reputasi kita. Jika begitu, apa saja hal-hal yang tidak boleh kita lakukan pada smartphone Android kita?? Simak ulasannya berikut ini :

Jangan lupa kunci layar smartphone

Semakin banyak hal yang kita simpan pada smartphone, maka semakin besar bahaya yang bisa dilakukan seseorang jika mereka bisa mendapat akses ke ponsel kita. Dan cara paling sederhana untuk mengamankan ponsel kita adalah dengan cara mengunci layarnya. Tak terhitung jumlah aplikasi pengunci layar untuk Android, dan banyak dari mereka menambahkan fitur bermanfaat begitu juga dengan pengamanan.

Jangan lupa untuk selalu melakukan update

Memang sulit untuk memiliki perangkat Android dengan terus mendapatkan update versi terbaru, namun hal itu juga layak diperhatikan. Setiap versi terbaru dari Android pasti lebih digdaya daripada sebelumnya. Memang Google Play Service bisa menjaga ketangguhan dari perangkat Android terbarumu, namun update besar bisa membuat ponselmu terasa benar-benar baru.

Jangan megecas ponselmu melalui kabel USB

Setiap charger tidak diciptakan sama rata. Mencolokkan ponselmu ke port USB di komputer tidak akan bisa menyalurkan daya sebanyak yang kita dapatkan ketika menggunakan charger yang semestinya.

Jangan lupa untuk memback-up semua data

Hidupmu ada pada ponselmu. Bayangkan bagaimana rasanya jika kamu kehilangan HP mu dan di dalamnya terdapat semua foto berharga, nomer kontak penting, rencana pekerjaan yang rahasia, hingga data-data pribadi. Melakukan back-up tidaklah sulit, dan itu merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. “Kebiasaan melakukan back-up yang baik adalah seperti memiliki kebiasaan gosok gigi yang baik. Itu mungkin bukanlah aktivitas yang paling keren, namun alternative lainnya jauh lebih buruk.”

Jangan simpan semuanya secara online

Jika sesuatu terjadi pada provider layanan cloud yang kamu gunakan, maka apa yang terjadi dengan datamu ? ketika MegaUpload mati beberapa waktu yang lalu, ada banyak data yang diunggah yang lenyap begitu saja. Penyimpanan cloud adalah hal yang hebat, tapi apakah datamu berada di perangkat ponselmu atau di server yang jauh, jika itu penting bagimu, maka kamu harus memastikan bahwa ada lebih dari satu salinannya yang beredar agar lebih aman.

Jangan biarkan ponsel terlalu panas

Tentu kita pernah mendengar beberapa cerita tentang meledaknya ponsel Android, dan meski biang keroknya adalah biasanya disebabkan oleh baterai atau charger, masih ada masalah pengisian daya yang perlu kamu pertimbangkan. Merupakan ide yang sangat buruk untuk meninggalkan ponselmu berada di tempat yang hangat saat sedang mengisi baterai, membiarkan bateraimu hampir nol (0 %) berarti buruk untuk keawetan ponselmu, dan kamu harus segara mencabutnya saat sudah terisi penuh.

Jangan biarkan layar ponselmu terekspos

Memang pelindung layar Gorilla Glass memang hebat, namun itu tidak bisa menjadi jaminan bahwa layar ponselmu akan terlindungi sepenuhnya. Meski dibutuhkan banyak upaya untuk bisa menembus atau merusak layar smartphone secara serius, namun juga membutuhkan banyak uang untuk mengganti layar Gorilla Glass jika rusak. Pelindung layar dan casing HP adalah semacam asuransi gadget: dilihat dari harganya, layak dibeli karena biaya potensial akibat resiko untuk tidak menggunakannya sangatlah besar.

Jangan biarkan ponselmu terkena hujan

Saat ini, semakin banyak ponsel yang hadir dengan fitur tahan air (waterproof). Jadi jika kamu memiliki ponsel dengan sertifikasi IP67 atau IP68, maka kamu aman dari larangan yang satu ini, karena pada dasarnya ponselmu tahan air. Namun jika ponselmu masih belum tahan air, maka basah dan kelembaban yang ekstrem bagi ponselmu sama saja seperti cahaya matahari bagi Dracula. Kerusakan air adalah salah satu jenis kerusakan smartphone yang paling umum, dan bahkan perangkat tahan air sekalipun hanya bisa terendam untuk batasan waktu tertentu.

Jangan simpan semua foto dan videomu di HP

Semua orang tentu suka melakukan selfie, namun jika fotomu bersifat sangat pribadi (intim), maka menjadi ide yang sangat bagus untuk memastikan bahwa mereka tidak berada di gallery foto ketika kamu meminjamkan ponselmu ke teman, karyawan, atau keluargamu. Tentu kamu tidak ingin peristiwa kisah Ariel-Luna Maya juga terjadi padamu bukan ? : )

Jangan membeli ponsel dengan paket bundling

Cara terburuk untuk membeli smartphone mutakhir adalah dengan melalui paket bundling (kontrak bulanan): memang ada kemungkinanmendapat diskon besar dalam beberapa bulan peluncuran pertamanya. Namun Kombinasi kontrak dengan jenis kartu SIM tertentu membuat kita tidak bisa bebas dan terikat dengan satu jenis operator saja.

Jangan biarkan orang lain melihat jejakmu

Jika kamu menggunakan ponselmu untuk mencari sesuatu yang sangat rahasia, seperti hadiah kejutan untuk orang tercinta, kamu tentu tidak ingin orang lain mengetahui daftar laman tempat kamu mencari barang yang akan menjadi kejutan istimewamu. Jadi, selalu rajinlah untuk menghapus riwayat browsingmu.

Jangan menginstal aplikasi yang berbahaya

Hampir semua perangkat malware menargetkan ponsel Android – dan khususnya, menargetkan pengguna Android yang tidak memperhatikan apa yang mereka unduh dan yang sering menggunakan sumber aplikasi yang kurang memiliki reputasi bagus. Jadi jangan coba-coba untuk menginstal aplikasi dari sumber yang belum terpercaya.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment