Hal Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Facebook

by Siti Eka Kurniati on September 9, 2015

Pengguna facebook yang telah mencapai 1,44 milyar pengguna terhitung tahun 2015 ini. Dengan banyaknya pengguna tersbut, rawan sekali terjadi kriminalitas dari salah satu medsos paling sukses sepanjang masa. Termasuk penipuan, pencemaran nama baik dan lain sebagainya.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Facebook

Hal tersebut tentu akan merugikan bagi kita. Namun, ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk menghindari tindak kejahatan tersebut.

Menampilkan Informasi Pribadi

Saat kamu mendaftar facebook pertama kali, kamu pasti disuruh untuk mengisi daftar diri sepertiĀ  riwayat pendidikan, alamat, pekerjaan dan lainnya. Data diri tersebut akan tampil di profil facebookmu dan akan bisa dilihat oleh semua pengguna facebook. Hal ini tentu tidak luput dari pelaku criminal yang ingin mengetahui ciri-ciri korbannya. Informasi yang perlu kamu sembunyikan / tidak kamu cantumkan di facebook meliputi : Email, Nomor hp, pekerjaan, alamat rumah, status hubungan. Jika kamu sudah terlanjur menyantumkan beberapa hal tersebut, kamu bisa menyembunyikannya dengan mengubah pengaturan privasinya agar hanya kamu yang bisa melihatnya.

Password Lemah

Kebanyakan orang akan menggunakan password dalam beberapa akun sosmednya dengan pola yang sama. Seperti alamat tempat tinggal, tanggal lahir, nama orang kesayangan dan lain-lain. Pola-pola sederhana tersebut seharusnya kamu hindari. Ini berlaku untuk semua social media yang kamu miliki, bukan hanya facebook saja.

Upload Foto

Jangan terlalu banyak mengunggah foto pribadi. Bisa jadi orang lain akan menggunakan foto-fotomu untuk membuat akun palsu untuk kepentingan yang tidak baik dan akan mencemarkan namamu. Tentu kamu tidak mau kan hal ini terjadi? Maka mulai sekarang, unggahlah hanya foto-foto yang kamu anggap penting dan layak untuk dikonsumsi public.

Status

Salah satu status yang paling harus kamu hindari adalah menuliskan status OTW alias On The Way. Kenapa? Bisa jadi statusmu itu dibaca oleh seseorang yang berniat jahat dan akan membegalmu di tengah jalan. Kan nggak asyik cuman gara-gara status OTW kendaraanmu melayang, bisa juga malah nyawa kamu yang melayang. Selain status OTW, status yang sifatnya sangat pribadi sebaiknya jangan pernah kamu publikasikan seperti permasalahan keluarga, keuangan dsb. Status sara, bahasa kasar, ataupun alay membuat teman-temanmu yang di facebook mungkin akan jengah dan akan menghapus pertemananmu, jadi hindarilah menuliskan status seperti itu.

Chating

Kalau ada orang asing (orang yang belum kamu kenal) yang mengajakmu ngobrol atau chating, periksalah terlebih dahulu profil orang tersebut apakah akun asli atau palsu. Jika profilnya tidak jelas maka sebaiknya jangan tanggapi ajakan chatingnya. Karena mungkin saja orang tersebut berniat tidak baik seperti penipuan, penculikan dsb.

Group

Jangan masuk ke group tak jelas. Bergabunglah dengan group yang benar-benar kamu minati jadi tak akan ada pemberitahuan yang mengganggu di notifikasimu.

Comments on this entry are closed.