Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Menjual Ponsel

by Ummy Tsabit on January 15, 2016

Semakin menjamurnya merek smartphone yang terus bermunculan di pasaran, membuat kita semakin tertarik dan tergiur untuk membeli smartphone model terbaru dan tercanggih yang keluar saat ini. Sepertinya, smartphone kini tidak bisa bertahan lama kita pakai untuk jangka waktu hingga tahunan. Selang beberapa bulan saja, pasti sudah ada ponsel model terbaru yang rilis yang ingin kita beli. Lalu, bagaimana dengan smartphone lama koleksi kita? Apa langsung dibuang saja? Sayang kan ?

Kamu bisa memberikannya ke teman atau anggota keluarga lain yang lebih membutuhkan. Namun jika kamu juga perlu uang untuk sebagai tambahan membeli smartphone baru, maka salah satu solusinya adalah dengan menjual smartphone lamamu. Namun perlu kamu ingat, harga smartphone bekas tentu akan jauh menurun jika dibandingkan dengan smartphone yang baru. Maka dari itu, kamu juga perlu melakukan beberapa langkah pengecekan sebelum menjual smartphone lamamu agar kamu tidak kehilangan atau kecolongan data-data penting yang tak sengaja masih tertinggal didalamnya.

Berikut ini akan kami bagikan tips yang harus dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk menjual smartphone lama agar kamu tidak menyesal dan mendapatkan harga terbaik ;

Keluarkan SIM card

Hal yang pertama kamu lakukan ketika hendak menjual smartphone lamamu adalah untuk mengeluarkan kartu SIM terlebih dulu. Meski kamu bisa saja membeli kartu SIM yang baru untuk dipasang di smartphone barumu, namun kartu SIM lamamu masih menyimpan banyak daftar kontak yang penting didalamnya, jadi jangan sampai tertinggal.

Lepas SD card (MMC)

Jika kamu memiliki smartphone yang dilengkapi dengan slot micro SD, maka kamu harus melepas kartu micro SD nya juga. Biasanya, slot ini terletak di bagian sisi ponsel atau dibalik tutup baterai. Sebelum kamu melepas SD card, copy juga foto, aplikasi dan dokumen yang terdapat di memori ponsel ke dalamnya sebanyak mungkin, sehingga data yang ada di ponsel lamamu bisa di salin ke dalam micro SD untuk dipasang di ponsel yang baru.

Hapus semua datamu

Hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah untuk menghapus data yang ada di memori ponsel. Ada dua cara sederhana untuk melakukan hal ini. Pertama, pergi ke menu Setting dan pilih bagian Backup & Restore dan pilih Factory Data Reset, atau kamu bisa melakukannya melalui cara hard reset seperti yang diterangkan pada artikel Cara Hard Reset Lenovo A319.

Data-data yang akan terhapus adalah sebagai berikut :

  • Setting akun Google
  • Konfigurasi data dan aplikasi
  • Aplikasi yang terinstal
  • Musik
  • Foto
  • Data user yang lain
  • Akun yang memiliki link (seperti Facebook, Twitter, Dropbox, dan lain-lain)

Bersihkan ponsel

Saat bagian dalam ponsel sudah bersih semua (datanya sudah dihapus), kini giliran kamu untuk membersihkan bagian luarnya juga. Mungkin, tidak ada yang bisa banyak kamu perbuat terkait masalah tergores atau lecet, namun setidaknya kamu bisa mengelap bersih ponselmu agar tidak menyisakan debu dan sidik jari saat dijual. Jika kamu ingin ponsel lamamu tampak kelihatan terawat dan bisa menarik calon pembeli, maka kamu bisa mengganti screen protectornya dengan yang baru dan juga mengganti baterainya.

Kumpulkan Kelengkapan Box

Jika kamu merupakan seorang pengguna Android yang baik, maka sebaiknya kamu tetap menjaga agar box wadah ponsel dan bagian aksesoris ponsel yang lain seperti charger, manual panduan, kabel USB, dan headset tetap terawat dengan baik.  Semakin lengkap aksesoris yang masih kamu miliki meski itu sudah tidak original lagi, maka akan semakin meningkatkan nilai jual ponsel lamamu di mata calon pembeli.

Comments on this entry are closed.