HP jadul VS Smartphone

by aries on April 19, 2015

Meski kini sudah bukan jamannya lagi ponsel monokrom tanpa warna, namun bukan berarti ponsel tersebut sudah tidak diperhitungkan lagi. Memang harus diakui, keberadaan smartphone sekarang ini, sangat bermanfaat karena memiliki banyak keunggulan dibanding ponsel generasi terdahulu. Namun di sisi lain, sebenarnya ponsel jadul memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh smartphone. Apa sajakah itu? Mari kita ikuti perbandingannya berikut ini:

hp jadul vs smartphone

1. Baterai lebih tahan lama
Apakah kamu merasa, kalau dulu menggunakan ponsel jadul, pasti jarang sekali mengecas dan tidak pernah khawatir kehabisan daya. Bahkan, kamu tidak perlu menggunakan yang namanya power bank? Dalam kondisi baterai masih bagus, ponsel jadul bisa bertahan digunakan hingga berhari-hari. Coba kita bandingkan dengan smartphone masa kini. Berhubung digunakan untuk berbagai fungsi, baterai smartphone bisa cepat sekali terkuras. Bahkan daya tahannya hanya bisa berlangsung selama 6-8 jam saja jika digunakan untuk pemakaian yang intens.

2. Bodi lebih tahan banting
Meski beberapa produk smartphone sudah dilengkapi dengan fitur tahan guncangan dan goresan, namun itu semua masih kalah jauh dengan ketahanan dari ponsel jadul. Tentu kamu sering mendengar, banyaknya kasus layar smartphone yang retak parah karena terjatuh atau tidak sengaja terinjak. Lain halnya dengan ponsel jadul, yang lebih awet dan tahan banting.

3. Ponsel lebih jarang hang
Harus diakui, begitu banyaknya fungsi serta aplikasi yang terpasang dalam sebuah smartphone, membuatnya sering lemot ataupun tidak merespon (freeze). Kejadian ini tentu sangat mengganggu jika kamu ingin melakukan komunikasi. Berbeda dengan ponsel jadul yang tidak pernah ‘rewel’. Berhubung ponsel ini hanya diperuntukkan untuk keperluan telepon dan SMS, tentu membuatnya jarang hang.

4. Proses pengetikan lebih mudah dan nyaman
Kamu tentu sering mengalami yang namanya salah pencet dan ketik saat menggunakan papan tombol virtual di layar sentuh smartphone. Ini karena letak antar tombol yang saling berdekatan tanpa dipisahkan oleh tombol fisik. Berbeda dengan ponsel dengan tombol fisik, kamu bisa melakukan pengetikan dengan mudah dan nyaman, bahkan kamu bisa mengetik hanya dengan meraba tombol yang dimaksud tanpa harus melihatnya.

5. Harga lebih murah
Tentu untuk masalah harga, harga ponsel jadul jauh lebih murah dibanding dengan smartphone. Ini karena ponsel jadul hanya memiliki fitur standar dan tidak terlalu banyak dilengkapi dengan aksen penghias. Jika ponselmu hilang, pasti kamutidak terlalu kecewa dan segera menggantinya. Coba jika kamu membeli smartphone kelas premium dengan seabrek fitur unggulan seharga 5 juta ke atas, tentu akan sangat bersedih jika sampai hilang.

Setelah menyimak ilasan diatas, mau pilih mana? ponsel jadul ataukah smartphone? semua pilihan terserah pada Anda!

Comments on this entry are closed.