Ini dia beragam OS pesaing Android

by aries on September 24, 2014

Tidak bisa dipungkiri memang, kini Android telah merajai pasar sistem operasi terbuka berbasis Linux. Sekitar 80% smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia, telah menggunakan sistem Android. Namun, sebenarnya Android bukanlah satu-satunya sistem operasi berbasis Linux yang beredar di pasaran. Ada beberapa pengembang yang hadir dengan sistem berbeda guna memberi warna baru dan menyaingi Android, sehingga persaingannya lebih ketat dan tentunya semakin menguntungkan para pengguna. Berikut adalah beberapa sistem operasi mobile yang mendapat cukup banyak perhatian dari para pemerhati gadget:

Ini dia beragam OS pesaing Android

  1. Firefox OS

Firefox yang selama ini identik dengan peramban terpercaya buatan Mozilla, kini juga sudah dikembangkan menjadi sistem operasi mobile dengan nama Firefox OS. Firefox OS merupakan gabungan dari peramban Fierfox dan engine Gecko serta memiliki nama kode Boot to Gecko alias B2G. Mozilla berharap, dengan menggunakan standar web terbuka yang terdiri dari HTML, CSS, dan Java Script pada Firefox OS, akan dengan mudah memasuki pasar sistem operasi mobile karena konsep ini sudah sangat familiar diantara para pengembang.

Sampai saat ini, baru ada sekitar empat vendor ternama yang sudah memproduksi perangkat Firefox OS ini, yakni Alcatel, LG, Huawei dan ZTE. Meski peredaran sistem operasi mobile ini masih terbatas, namun rencananya dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi Negara tujuan berikutnya yang akan bisa merasakan smartphone ber-OS Firefox. Lebih menariknya lagi, Firefox OS dirancang untuk menyasar segmen entry level yang mana harga smartphone pada tingkat tersebut akan benar-benar murah dan sesuai dengan kemampuan kantong mayoritas penduduk Indonsia. Jadi, kita tunggu saja kehadirannya!

  1. Amazon Fire OS

Pada awalnya, Amazon Fire OS hanya digunakan pada perangkat dari keluarga Amazon lainnya seperti Kindle Fire. Namun, sistem operasi mobile tersebut kini juga digunakan pada smartphone buatan Amazon sendiri, yaitu Fire Phone. Sebenarnya, Amazon Fire OS masih berbasis Android, namun sudah mengalami modifikasi dan perombakan total sehingga tidak lagi mengandung konten yang ‘berbau’ Google. Maka jangan kaget jika Fire Phone tidak memiliki akses ke berbagai layanan Google atau ke aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Play Store. Hal ini mengingatkan kepada kita tentang Nokia X yang menggunakan OS Android modifan.

Sayang, Fire Phone yang telah resmi dirilis ini baru beredar di negara-negara tertentu saja seperti Amerika Serikat. Spesifikasi dari Fire Phone lumayan menjanjikan, dengan layar berukuran 4,7 inchi, dan sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan prosesornya menggunakan Qualcomm Quad-core berkecepatan 2,2 GHz serta ditopang 2 GB RAM dan pengolah grafis Adreno 330.

  1. Ubuntu Touch

Tidak seperti kebanyakan sistem operasi yang menggandeng vendor besar guna bekerjasama menghadirkan smartphone khusus, Ubuntu menghadirkan smartphone bikinan mereka sendiri yang dinamai Ubuntu Phone untuk menghadirkan smartphone yang telah menggunakan sistem operasi mobile Ubuntu Touch. Meski Ubuntu Phone sudah dirilis sejak Oktoberb 2013 yang lalu, namun keberadaannya tidak terlalu santer terdengar. Mungkin Canonical, selaku pengembang dari Ubuntu Touch ingin lebih dulu membangun dukungan aplikasi yang akan ditawarkan melalui Store-nya. Saat ini, kurang lebih sudah ada sekitar 100.000 lebih aplikasi dan para developer aplikasi yang diijinkan untuk mencoba versi previewnya melalui perangkat lain.

  1. Samsung Tizen

Meski kebesaran Samsung selama ini tercapai berkat jajaran smartphone dan tablet yang menggunakan sistem Android, namun Samsung merasa masih perlu untuk mengembangkan sistem operasi mobile buatannya sendiri. Oleh sebab itu, kini Samsung mencoba mengembangkan sebuah sistem operasi mobile yang diberi nama Tizen. Tizen merupakan proyek kolaborasi antara Samsung dengan Intel.

Dengan adanya Tizen, Samsung menjadi bebas merombak serta mendandani sistem pada smartphone buatannya tanpa harus terikat dengan Android. Setelah Tizen mengalami penyempurnaan, kini Samsung telah meluncurkan Samsung Z, smartphone pertamanya yang menggunkan sistem operasi ini.

Comments on this entry are closed.