Inilah Aplikasi Edukasi Android Untuk Anak Usia Dini

by aries on June 20, 2014

Saat ini, anak-anak sudah semakin familiar dan lekat dengan yang namanya smartphone ataupun tablet. Bahkan, anak berusia 2 tahun pun sudah bisa bermain game sendiri di ponsel. Namun, sisi buruk dari perkembangan teknologi yang semakin canggih tersebut, membuat anak-anak susah belajar dan memilih main game terus hingga kecanduan.

Jika Anda tidak ingin anak-anak terlalu over dalam bermain gadget dan melupakan belajarnya, alangkah baiknya jika Anda menyertakan juga aplikasi bernuansa edukasi di smartphone atau tablet. Anak-anak menjadi tidak hanya melulu bermain game saja, tapi juga menambah ilmu pengetahuan, sehingga kita bisa mengambil sisi positif didalamnya.

Inilah Aplikasi Edukasi Android Untuk Anak Usia Dini

Berikut ini adalah beberapa aplikasi edukasi yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store yang bisa dijadikan referensi :

  1. ABC Marbel Huruf

Pengembang: Educa Studio
Dalam aplikasi ini, anak-anak akan diajarkan cara mengenal dan menghapal huruf sambil bermain. Aplikasi yang memang diperuntukkan untuk anak usia dini yakni 3-5 tahun ini, akan menuntun anak mengenal abjad dan mempercepat kemampuan membacanya. Tidak hanya belajar saja, tetapi ada juga permainan sedrehana berupa tebak-tebakan huruf. Disini anak diharuskan untuk menebak huruf dengan benar, melalui perintah suara. Selain huruf romawi, Educa studio juga menyediakan huruf hijaiyah untuk mengenalkan bahasa arab sejak dini.

  1. How to draw – easy lesson

Pengembang : Artel Plus
Apakah anak Anda hobi menggambar? jika iya, aplikasi ini cocok untuk dijadikan sarana belajar. How to Draw bisa dijadikan sebagai layaknya guru menggambar yang akan memberitahukan langkah-langkah sederhana dalam menggambar objek sederhana seperti hewan, bunga, tokoh kartun, kendaraan, dan masih banyak yang lainnya. Metode pembelajarannya pun cukup mudah untuk diikuti. Proses menggambar diawali dengan membuat garis sampai akhirnya membentuk sebuah gambar yang utuh. Bagi anak yang tidak punya bakat menggambar, jangan khawatir. Aplikasi ini sangat mudah dan sederhana untuk diikuti dan dipraktekkan.

  1. Coloring pages for kids

Disini, anak akan diberi ruang untuk berkreasi dalam mewarnai suatu objek. Pilihan warna yang disediakan sangat beragam. Anak bisa memilih warna yang mereka sukai. Ada berbagai macam objek gambar yang bisa dipilih untuk diwarnai, mulai dari hewan, bola, badut, hingga manusia. Metode pewarnaannya pun bisa diatur sesuai keinginan anak, bisa dengan pensil, crayon, spidol atau cat. Hasil objek yang sudah diwarnai juga bisa disimpan.

  1. English Grammar Book

Pengembang: Appsoftindia
Siapa bilang agar pintar bahasa Inggris harus mengikuti les atau kursus bahasa Inggris terlebih dahulu. Belajar bahasa Inggris pun bisa dilakukan melalui apliksai Android dimanapun, kapanpun kita inginkan. Dalam aplikasi, terdapat materi yang lengkap tentang cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang disusun secara rapi. Materinya pun sudah disertai penjelasan yang terperinci dan mendalam. Bukan itu saja, ada pertanyaan berupa latihan yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berbahasa anak. Nantinya, hasil test akan mendapatkan skor yang bisa dijadikan patokan sampai sejauh mana peningkatan kemampuan bahasa Inggris anak.

Catatan: agar smartphone anda tidak mudah rusak, baca tips rawat gadget agar awet dan tidak mudah hang mengingat sering kali anak-anak masih belum tepat dalam menggunakannya, seperti contoh menutup aplikasi dan lainnya.

Comments on this entry are closed.