Intel Vs AMD

by Siti Eka Kurniati on October 30, 2015

Dari judul di atas pasti kamu sudah bisa menebak apa yang akan kita bahas kali ini kan?  Kita akan membahas juga membandingkan dua brand processor paling populer ini. Eh.. tapi ngomong-ngomong kalian tau tidak apa itu processor? Pengertian umum dari processor adalah otak dari sebuah komputer, tapi kalau lebih jelasnya processor adalah chip atau IC (Integrated Circuit) yang memegang control terhadap seluruh kerja system komputer dan berfungsi sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer  seperti melakukan perhitungan dan tugas input output.

amd vs intel

Fungsi processor memang sangat penting bagi sebuah komputer, jadi kamu jangan salah pilih processor ya kalau mau merakit pc atau memilih spesifikasi laptop. Ada dua pengembang processor paling populer saat ini yaitu Intel dan AMD (Advance Micro Device). Bagi orang yang belum terlalu mendalami dunia IT pasti hanya akan mengenal Intel sebagai produk terbaik saja. Dan bagi mereka yang sudah paham seluk beluk IT terutama tentang hardware komputer pasti mengenal AMD. Brand processor yang satu ini memang pesaing berat Intel. Untuk membandingkan Intel dan AMD mari kita simak kelebihan dan kekurangan dari kedua processor tersebut.

Kelebihan Intel

  • Processor Intel mampu mengatur temperature atau suhu apabila processor terlalu panas ia akan mengurangi kecepatannya secara otomatis.
  • Intel lebih stabil saat digunakan untuk multitasking, programming juga menjalankan aplikasi berat seperti multimedia dan grafis.
  • Performance atau rasio clock intel terbaik
  • Konsumen dayanya kecil namun memiliki performa yang tinggi
  • Varian produknya yang banyak dengan performa yang kencang, dan sampai saat ini bahkan AMD belum bisa menandingi produk Intel pada range harga yang > 2 juta.

Kekurangan Intel

  • Harga Intel yang terkenal lebih mahal dibandingkan processor lain. Ini karena brand image Intel yang kuat
  • Kualitas grafis masih kalah jika dibandingkan dengan AMD
  • Variannya yang banyak kadang membingungkan bagi orang yang benar-benar belum paham dalam memilih kebutuhan processor mereka

Kelebihan AMD

  • Harga lebih murah dengan performanya yang seimbang
  • Grafisnya lebih bertenaga apalagi jika disandingkan dengan kartu grafis AMD Raden HD hasilnya akan sangat bagus dan jauh melebihi Intel. AMD memang lebih disarankan bagi para desain grafis serta penggemar game. (baca : memilih laptop untuk desain grafis)
  • AMD memiliki sbuah teknologi yang disebut AMD64 yang bisa menjalankan aplikasi dengan sangat baik pada komputer yang berbasi 64bit
  • Harga dan daya listrik untuk pemakaian AMD jauh lebih hemat

Kekurangan AMD

  • Daya yang digunakan AMD lebih tinggi dibandingkan dengan Intel dengan performa yang sama.
  • Diklaim mudah panas karena konsep rancangan AMD yang focus untuk memacu kecepatan

Jadi kesimpulannya bagaimana? Dari ulasan di atas sebenarnya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pemilihan processor tergantung akan kebutuhan kita. Apakah untuk bekerja kantoran dengan pengerjaan yang multi tasking atau untuk bermain game? Sudah dijelaskan di atas bahwa bagi kamu yang menggunakan pc untuk program-program multimedia atau office serta pekerjaanmu memerlukan multitasking maka Intel disarankan untukmu. Dan bagi kamu para desain grafis atau para gamer, AMD lebih disarankan menjadi processormu karena memiliki kualitas grafis paling unggul (tentu juga disokong dengan kartu grafis dan RAM  yang memadai juga ya)

Comments on this entry are closed.