Istilah dan Singkatan di BBM TERLENGKAP

by aries on August 12, 2015

Kumpulan istilah-istilah atau singkatan dalam BBM tentu masih asing buat pengguna baru BBM, apalagi bagi mereka yang baru saja membuat akun BBM. Tentunya akan bingung jika mendengar istilah-istilah dalam BBM seperti yang saya garis bawahi berikut ini;

  1. Eh.., smartphone baru ya, invite PIN ane dong!
  2. Please jangan BC dong!!!
  3. Macem-macem gue DC lho

Kalau kita gak tahu istilah-istilah tersebut akan sangat lucu sekali, apalagi gadget yang kita pegang adalah smartphone kelas premium. hahaha 😀 . Untuk itu, sebelum kamu malu gara-gara tidak tahu, berikut ini kami ulas istilah-istilah dalam BBM;

  1. DC (dibaca delcont) adalah singkatan dari Delete Contact BBM. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang sudah tidak nyaman lagi dengan salah satu kontak BBM yang ada, seperti kontak BBM yang sering BC.
  2. BC singkatan dari Broadcast Message. Adalah mengirim pesan secara masal ke kontak BBM yang kita miliki. Sekedar tips, jika kamu mau melakukan BC, jangan sering-sering ya. Kecuali kamu merupakan public figure yang sudah punya pengaruh besar terhadap kontak BBM yang kamu miliki. Karena, kalau tidak demikian bisa-bisa kamu di DC dari daftar kontak BBM mereka.
  3. TC adalah singkatan dari Test Contact. TC ini biasanya dilakukan dengan cara BC untuk mengetahui kontak BBM yang sudah tidak aktif lagi. Salah satu tujuan utamanya adalah tidak lain untuk menghapus kontak BBM yang sudah tidak aktif tersebut.
  4. PM adalah singkatan dari Personal Message. Ini tak ubahnya sebuah status yang ada di facebook ataupun pada medsos lainnya.
  5. DP singkatan dari Display Picture. Adalah sebuah gambar yang digunakan untuk foto profil pada BBM. Nah, DP ini sekarang banyak yang aneh dan lucu-lucu. Tidak sedikit pengguna BBM yang menggunakan DP dengan ‘gambar kata’ untuk mewakili PM yang ada pada BBM.
  6. BM singkatan dari BlackBerry Message. Adalah pesan pribadi dengan salah satu dari daftar kontak BBM yang kamu miliki.
  7. PING, kalau yang ini bukan merupakan singkatan dari apapun. Hanya sebuah istilah yang digunakan saat pesan BBM kamu sebelumnya belum dibaca. Dengan kata lain PING ini mewakili bahasa “Cepetan baca BM saya!!”
  8. PING ME, permintaan pengguna untuk di ping dari daftar kontak yang ia miliki. Biasanya ini dilakukan bagi mereka yang promosi atau jualan produk. Pasti setelah kata-kata promosi ada bahasa “minat Ping Me.” 😀
  9. Invite adalah menambahkan kontak BBM baik melalui PIN, Barcode, SMS ataupun melalui email.
  10. BBM Chat adalah daftar kontak yang pernah kita ajak chat atau BM sebelumnya.
  11. BBM Feeds adalah pemberitahuan baru, baik berupa status atau DP baru yang telah perbaharui oleh kontak BBM yang kita miliki.
  12. BBM Contact adalah daftar kontak BBM yang kita miliki.
  13. BBM Group adalah daftar grup yang kita sudah tergabung didalamnya.

Itulah beberapa istilah atau singkatan dalam BBM yang berhasil saya rangkum. Jika ada istilah atau singkatan dalam BBM yang terlewatkan atau kurang tepat, silahkan lengkapi dan koreksi saja pada kolom komentar yang disediakan. Sekian terima kasih 🙂

Comments on this entry are closed.