Istilah-istilah dalam Android

by Siti Eka Kurniati on July 21, 2015

Buat pengguna android pemula, biasanya kita menemukan banyak istilah-istilah dalam Android yang berkaitan dengan sistem dan aplikasi di dalamnya  yang tidak diketahui dari handphone pintar ini.

Karena bahasanya hampir mirip dengan bahasa komputer. Beda dengan ponsel biasa yang hanya menggunakan istilah sehari-hari dan sangat umum digunakan oleh ponsel yang lainnya

Bagi orang newbie pasti akan sangat bingung dengan istilah-istilah ponsel pintar ini, what the fuck is that, makanan jenis apakah ini?

Apalagi bagi mereka yang kudet juga dengan komputer. Pasti dari beberapa orang awam ini malu untuk bertanya kepada orang lain. Mau bertanya takut dibilang kudet, takut yang ditanya juga gak tau, dan takutnya malah salah pengartian.  Jangan-jangan diantara para pembaca ada yang tidak tahu apa itu Android sebenarnya?

Biar gak kudet tentang Android, sangat beruntung bagi anda mengunjungi website ini yang akan membahas istilah-istilah umum yang ada pada HP Android. Karena mengenal istilah ini sangatlah penting bagi anda pengguna Android

Pengertian Android

Sebuah operasi system dengan basis Linux yang memang dikhususkan untuk smartphone atau tablet. Pada tahun 2005, Google membeli system operasi ini dari Android Inc yang sebelumnya hanya sekedar memberi dukungan dana financial saja. Dengan demikian, Android kini telah menjadi hak penuh yang dimiliki oleh raja mesin pencari saat ini. Pada tahun 2007, Google resmi merilis system operasi ini, satu tahun kemudian ponsel pintar Android sudah resmi dijual di pasaran.

System Android itu sendiri sampai sekarang sudah berkembang pesat, selengkapnya bisa baca pada artikel Evolusi Android dari dulu hingga sekarang.

Pengertian APK

APK adalah sebuah format file yang berfungsi untuk menginstal perangkat lunak pada sistem operasi Android, baik berupa game ataupun aplikasi. Sama seperti di Windows PC yang menggunakan istilah ekstensi .exe pada setiap penginstallan programnya. Biasanya kalo kita lihat di File Explore, di nama file aplikasi Android seperti ini: BBM.apk, Operamini.apk , UCBrowser.apk dll.

Jadi, jangan bingung lagi ya. Jika kalian menemukan file yang berekstensi apk, itu berarti file itu khusus bisa di install di system android, dan tidak bisa di install di windows PC kecuali menggunakan program khusus seperti Bluestack ! [Baca juga; apa itu ekstensi file]

Pengertian ROM

ROM Adalah sebuah media yang berfungsi untuk menyimpan file system. Media ini tidak bisa diedit ataupun dihapus kecuali dengan metode flashing. Contoh: misalnya internal Android kamu adalah 8 GB, pasti ada sebuah ruang untuk system dimana itu tidak bisa dihapus. Sisanya hanya sekedar 4-5 GB untuk menaruh file-file yang bisa kamu modifikasi (file diluar system). Seperti file foto, musik dan lainnya.

Pengertian RAM

RAM (Random access memory) adalah memori yang sifatnya hanya sebagai tempat penyimpanan sementara. Ini berisi data aplikasi yang sedang dioperasikan dan juga data copy paste. Data pada RAM akan hilang apabila ponsel mati atau tidak ada aliran listrik. Istilah RAM pada android hampir sama seperti pada Komputer. Disebut sebagai memori system.

Pengertian BOOT

Atau juga dikenal Booting adalah proses dimana kita menghidupkan handphone android kita, atau bisa juga sebuah loading pada saat menyalakan android.

Istilah ini hampir sama pada komputer, disaat waktu dinyalakan pasti computer memproses terlebih dahulu karena akan menyiapkan beberapa program yang bakal berjalan langsung pada saat menyala.

Pengertian BOOTLOOP

Adalah suatu keadaan dimana system android  tidak dapat melakukan booting atau start-up sehingga tidak dapat mengakses menu utama.

Atau juga android melakukan boot berulang-berulang dan tidak memasuki menu utama. Hal ini bisa saja disebabkan karna system yang rusak atau proses rooting yang bermasalah. Selengkapnya baca Pengertian bootloop & solusinya.

Pengertian ROOT

Root adalah hak penuh yang dimiliki oleh user sehingga bisa memodifikasi system. Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel Apa itu Root Android?

Pengertian BRICKED

Brick ini adalah istilah dimana Android tidak mau menyala atau tidak mau boot dalam system android yang bisa saja disebabkan oleh proses rooting tadi. Bias juga disebabkan proses flashing yang gagal. Bricked ini lebih mengarah kepada kerusakan hardware, beda dengan bootloop.

Comments on this entry are closed.