Istilah Istilah Dalam Twitter Yang Harus Kamu Tahu

by aries on May 18, 2014

Bagi user pemula yang baru saja membuat akun twitter bakal menemukan istilah-istilah dalam twitter yang terasa masih asing. Mungkin karena pada awalnya, twitter tidak mendukung bahasa Indonesia. Meskipun sekarang sudah bisa pakai bahasa Indonesia, namun istilah-istilah di twitter dengan bahasa asli lebih populer.

Banyak sekali istilah-istilah dalam twitter yang mungkin kalau dijumlah lebih dari 30 istilah, namun di sini saya akan mencoba menjelaskan istilah yang paling populer dan sering difungsikan saat kita menggunakan twitter.

Trending Topic: topik bahasan yang paling populer di twitter, artinya mayoritas pengguna twitter sedang membicarakan hal tersebut. Trending topic ini biasanya disertia dengan atau tanpa tanda hastag #, misalnya #INDONESIAantiGALAU yang sekarang ini sedang menjadi trending topic. Trending topik ini berjumlah 10 topik yang akan terlihat di sisi kanan layar dektop jika kamu menggunakan profil twitter dengan desain baru atau berada di sisi kiri jika menggunakan desain profil twitter versi lama. Namun, pada tampilan di homepage, trending topic ini tetap berada di sisi kiri.

Istilah Istilah Dalam Twitter Yang Harus Kamu Tahu

Tweet: tak ubahnya sebagaiman update status, kalau di twitter dikenal dengan istilah tweet. Untuk pengguna di Indonesia, mereka biasa menyebut ngeTweet.

RT / Retweet: pengulangan tweet yang dilakukan oleh orang lain. Biasanya RT ini dilakukan apabila tweet tersebut dianggap penting atau bermanfaat.

Follower: pengguna twitter yang telah mengikuti kamu (men-follow kamu), artinya setiap aktivitas yang kamu lakukan di twitter, seperti ngetweet (kalu di facebook istilahnya update status) atau tweetpic (update status dengan menyertakan gambar atau hanya gambar saja) akan terlihat atau muncul pada timeline follower tersebut. Tapi hal ini tidak berlaku sebaliknya kecuali jika kamu juga jadi follower-nya (menfollow balik).

Following: pengguna twitter yang kamu ikuti atau kebalikan dari istilah follower. Jadi setiap aktivitas seperti pada penjelasan di atas akan muncul di timeline kamu.

Seseorang dengan follower atau pengikut banyak adalah mereka yang mempunyai pengaruh besar atau public figure, yang setiap aktivitasnya selalu dinanti oleh publik. Misalnya seperti selebriti ataupun pejabat pemerintah yang menjadikan twitter sebagia jejaring sosial pilih mereka. Bagi mereka, biasanya sangat berhati-hati dalam menggunakan twitter, artinya tidak asal ngeTweet, karena apa yang mereka tweet-kan akan dikonsumsi oleh publik. Jika tidak hati-hati dan sampai salah, akan berakibat fatal sebagimana yang baru saja terjadi, yakni petinggi Paypal dipecat gara-gara tweet.

Replay: balasan dari apa yang kamu tweet-kan, misalnya saya ngetweet “Tutorial cara memasukkan video ke dalam video lain” kemudian dari follower saya ada yang membalas “@alltutorialnet, thanks bang admin, tutorial tersebut udah dikasih panduan video kaya biasanya kan?”

DM atau Direct Message: adalah pesan yang hanya dikehui oleh pengirim dan penerima atau lebih mudahnya semacam email. DM ini hanya bisa dilakukan oleh following ke follower-nya, tidak begitu sebaliknya.

Notification: pemberitahuan yang ditujukan kepada user, misalnya ada seseorang yang menfollow, ada balasan dari tweet, atau tweet yang telah di retweet, dan lainnya.

Mentions: rangkaian komunikasi di twitter yang melibatkan kamu, misalnya ada balasan dari tweet kamu, ada retweet, atau mungkin ada seseorang yang hanya say hello kepada kamu.

Itulah istilah-istilah yang popluer di twitter, jika ada istilah yang mungkin belum tercantum dan itu dirasa populer, silakan menambahkan dengan mengisi pada form diskusi yang telah disediakan.

Comments on this entry are closed.