Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Internet

by Siti Eka Kurniati on October 6, 2015

Banyak sekali istilah-istilah dalam dunia internet yang kadang membuat kita bingung. Nah, agar kamu bingung dan kudet alias kurang update, simak istilah-istilah yang sering berseliweran di dunia maya ini.

istilah yang ada di internet

Download. Kalau bahasa indonesianya adalah unduh, yaitu proses transfer data yang diambil dari internet untuk disimpan ke komputer / gadget.

Upload. Ini adalah kebalikan dari download, kalau bahasa indonesianya sih unggah / pengunggahan. Upload yaitu proses transfer / kirim data dari komputer / gadget ke internet.

User. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah pengguna. Artinya bisa pengguna perangkat atau gadget, pengguna sebuah akun dll. Tergantung pada kata yang mengikuti setelahnya semisal user facebook yang berarti pengguna facebook, user computer berarti pengguna komputer.

Online. Keadaan perangkat seperti komputer atau smartphone yang sedang terkoneksi dengan internet. Tapi juga biasa digunakan untuk istilah user sebuah akun media social, atau email yang sedang aktif  menggunakan akun tersebut.

Offline. Kebalikan dari istilah online tentu saja, yaitu suatu keadaan perangkat yang tidak terhubung dengan internet. Atau pertanda user sebuah akun sedang tidak menggunakan akun tersebut.

Chating / chat. Obrolan, istilah dari obrolan secara online antara sesama pengguna internet. Chating bisa dilakukan antara 2 pengguna atau bisa juga dilakukan secara group.

Add. Terjemahannya adalah tambah atau menambah, populer dalam sebuah social media bernama facebook. Biasanya digunakan untuk menyuruh seseorang untuk menambahkan pertemanan dalam facebook seperti add me / add gue ya.

Follow. Artinya ikuti, banyak digunakan oleh beberapa akun sosmed seperti twitter, instagram dan lainnya. Istilah ini hampir mirip dengan kata add di facebook, yaitu menginstruksikan sesorang untuk mengikuti sebuah akun sosmed. (baca : Istilah dalam Twitter)

Invite. Undangan, mengundang. Digunakan dalam istilah BBM yang berarti mengundang seseorang untuk menambahkan kontak kita. (Baca : Istilah dalam BBM)

Browser. Sebuah program atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet dan menampilkan situs-situs web. Contoh browser yang terkenal adalah Mozilla Firefoc, Google Chrome, Opera, Internet Explore, dll. (Baca : 6 Pesan yang Muncul di Browser dan Artinya)

Browsing. Adalah kegiatan menggunakan browser entah untuk mencari informasi, chatting, download atau upload.

Surfing. Artinya yang asli sih berselancar, tapi kalau dalam istilah internet adalah berselancar di dunia maya, artinya mirip dengan browsing yaitu menjelajahi internet untuk melakukan kegiatan chating, download dan sebagainya.

Searching. Sebelas dua belas sama browsing dan surfing, bedanya adalah searching lebih focus pada kegiatan pencarian informasi baik berupa teks atau gambar.

Login / Sign in. Proses masuknya seorang user ke dalam sebuah akun atau layanan internet yang biasanya menggunakan user name dan password.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.