Jaga Keamanan Passwordmu Dengan aWallet Password Manager

by Ummy Tsabit on October 31, 2015

Apakah kamu memiliki banyak password, entah itu untuk akun email, akun website, password credit card, e-banking, atau yang lainnya? Apakah kamu menggunakan satu password yang sama untuk setiap akunmu? Jika iya, maka kamu telah melakukan kesalahan besar. Memang, memiliki password yang umum untuk semua akun sama saja seperti kamu memiliki kunci master yang bisa membuka setiap pintu. Namun, jika kuncinya hilang, maka semua pintu tak akan bisa terbuka. Dan, hal ini juga bisa membuat privasimu menjadi rentan. Jadi, sangat direkomendasikan bahwa kamu menggunakan beragam password yang berbeda untuk setiap akun yang berbeda pula.

aWallet password manager

Tentu saja, memiliki banyak password pasti akan merepotkan bagi beberapa orang, karena mereka harus mengingat banyak sekali password, yang pada umumnya membutuhkan kombinasi antara huruf, angka, dan tanda baca yang mencapai 8-12 digit. Tenang saja, jika masalah ini adalah yang kamu pikirkan, maka kamu bisa gunakan aplikasi aWallet sebagai soulusi untuk mengatasinya.

aWallet adalah aplikasi manager password untuk android yang ringan, gratis, dan sangat berguna. Kamu tidak perlu lagi mengingat semua passwordmu. Kamu tinggal menyimpan passwordmu di aWallet dan tinggal mengintipnya sewaktu-waktu dibutuhkan. Berikut ini akan kami ulas secara lengkap tentang aplikasi aWallet untuk android :

Cara setting aWallet

Kamu bisa menginstall aplikasi ini di Google Play Store secara gratis. Saat kamu akan membuka aplikasi ini, kamu akan disambut oleh empat ikon yang tertera di layar, yakni menu Categories, Lock, Favourite, dan Category Editor.

Hal yang pertama-tama dan terpenting untuk dilakukan adalah untuk mengatur password dari aWallet. Hal ini akan menjadi master passwordmu (password inilah yang hanya perlu kamu ingat). Saat pertama kali kamu akan membuka aplikasi, sebuah kotak dialog akan muncul, dimana kamu bisa mengatur password. Jika kamu tidak ingin mengatur password sekarang, kamu bisa melewatkannya dengan mengklik tombol menu dan memilih “more”. Setelah mengklik opsi “more”, kamu akan melihat berbagai pilihan seperti mem-backup data, mengkespor dan mengimpor data, mereset aWallet dan merubah passwordnya. Tekan pada opsi “Change Password” untuk mengatur password yang baru atau merubah password yang lama di masa mendatang.

Langkah selanjutnya adalah menekan opsi “Categories”, pilih salah satu dan buka informasinya. Jika kamu membutuhkan kategori yang tidak terdaftar dalam bagian kategori, maka kamu bisa membuat kategori sendiri. Untuk melakukannya, tekan opsi Category Editor dan sentuh tanda plus (+) yang ada di pojok kanan atas. Sekarang, kamu akan kembali diarahkan pada panel editing.

Membuat kategori baru

Pertama-tama, masukkan nama untuk kategori buatanmu. Di sisi kiri dari kotak teks, kamu akan menemukan ikon menu penetapan. Kamu juga bisa memilih ikon pre-loaded atau memilih sendiri ikonmu dari galeri. Namun pastikan bahwa ukuran ikonnya adalah 128×128 piksel atau jika tidak ikonnya tidak akan terpilih. Setelah menetapkan ikonnya, langkah selanjutnya adalah membuat beberapa bidang dimana kamu akan memasukkan informasimu. Kotak bidangnya berada tepat dibawah kotak menu category. Klik pada simbol plus (+) berwarna hijau untuk menambahkan lebih banyak bidang atau klik simbol tanda silang (X) berwarna merah untuk menghapus bidangnya. Pada bagian kiri dari setiap bidang, akan ada simbol mata, dengan memilihnya akan mengubah informasi yang kamu masukkan kedalam tanda bintang (cocok untuk bidang password). Setelah membuat semua bidang yang diperlukan, maka klik tanda centang pada bagian pojok kiri atas untuk menyimpannya, dan prosesnya selesai.

Dalam fitur Favourite Category, akan memungkinkanmu untuk menetapkan password tertentu sebagai ‘favourite’, sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuang waktu mencari di semua daftar panjang password hanya untuk menemukan satu password saja.

Ada pula fitur Auto Lock, yang berarti bahwa informasimu akan segera terkunci secara otomatis saat kamu menutup aplikasinya. Datamu akan tetap terlindungi dengan enkripsi algoritma yang kuat (menggunakan hingga 256bit enkripsi AES).

Selain itu, jika kamu mau membayar sejumlah rupiah, kamu juga bisa mendapatkan yang versi pro. Versi pro memiliki fitur sinkronisasi cloud sehingga berarti kamu bisa mengakses passwordmu dari mana saja kamu berada.

Comments on this entry are closed.