Jenis & Definisi Kartu Ucapan

by aries on June 22, 2014

Bicara soal kartu ucapan yang terlintas dalam pikiran kita adalah sebuah kertas yang berisi ucapan kepada individual ataupun kepada sebuah organisasi. Pemikiran semacam ini sudah bisa dijadikan sebuah definisi dari kartu ucapan itu sendiri. Untuk dikirim ke seseorang, kartu ucapan biasanya ditulis dengan nada ‘banyolan’ untuk melahirkan rasa persahabatan, cinta, kasih sayang, dan simpati. Sedangkan untuk dikirim kepada organisasi, kartu ucapan ini tentunya bernada ‘formal’.

Sedangkan definisi kartu ucapan secara lebih dalam adalah sebuah kartu yang dibuat menggunakan media kertas tebal dengan berbagai ukuran (beda dengan kartu nama yang memiliki ukuran standar) sesuai kebutuhan yang didalamnya terdapat tulisan sebuah ucapan. Terkadang kartu ucapan ini disertai sebuah gambar sesuai dengan tema kartu tersebut.

Jenis & Definisi Kartu Ucapan

Kartu ucapan dikirim pada waktu khusus, misalnya moment hari valentine, ulang tahun, bulan Ramadhan, hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan lain sebagainya. Kartu ucapan semacam ini disertai amplop sebagai pembungkusnya. Namun ada pula kartu ucapan tidak menyertakan amplop. Ini biasanya sudah disisipkan di dalam sebuah kado, karangan bunga, parsel ataupun di dalam bingkisan hadiah.

Kalau kamu mau membuat kartu ucapan khusus, silakan ke percetakan yang berkompeten dalam hal ini. Sedangkan harganya adalah privasi dari masing-masing perusahaan percetakan tersebut. Atau terus ikuti update dari alltutorial.net yang akan memberikan tutorial secara gratis tentang cara memuat desain kartu ucapan pada episode berikutnya. Kalau kartu ucapan secara umum, kamu mampir ke toko saja, di sana menyediakan berbagai kartu ucapan dengan berbagai macam desain dan tema.

Penjelasan di atas adalah kartu ucapan konvensional. Sedangkan kartu ucapan elektronik adalah saingan dari kartu ucapan konvensional, namun media yang digunakan bukanlah kertas tapi media digital. Dan jenis kartu ucapan ini dikirim melalui jaringan internet cepat, misalnya email dan lain sebagainya. Tentunya pengiriman semacam ini jauh lebih praktis dari pada pengiriman kartu ucapan konvensional dengan memakai jasa layanan pos yang tentunya membutuhkan berhari-hari untuk sampai ke penerima. Namun, kelebihan dari kartu ucapan konvensional adalah lebih ‘membekas’ di hati dan bisa dijadikan sebuah kenangan indah.

Kesimpulan: kartu ucapan memiliki dua jenis, yang masing-masing dari keduanya mempunyai plus minus. Ini merupakan sebuah pilihan dan kamu sendiri yang bisa menentukan menyesuaikan kebutuhan kamu. [referensi: wikipedia.org]

nurul aini October 2, 2014 at 6:45 pm

jenis-jenisnya kok gc adha ???

Aris Ahmad October 4, 2014 at 12:00 pm

Coba Aini baca lagi, jadi tidak mengulang pertanyaan yang sebenarnya sudah dijelaskan.

Comments on this entry are closed.