Jenis Konektor USB

by Siti Eka Kurniati on March 3, 2016

Setelah kita kemarin membahas versi USB yang membedakan kecepatan transfer datanya, kali ini kita akan membahas jenis USB atau tipe USB. Jenis USB ini berhubungan dengan bentuk fisik USB terutama konektornya.

macam-macam konektor USB

Perbedaan jenis USB ini dibedakan menjadi tiga jenis atau tiga tipe yaitu Type-A, Type-B dan Type-C. dan ketiga tipe USB tersebut memiliki macam-macam subnya. Simak ulasan di bawah ini agar kamu tau jenis konektor USB apa saja yang ada di pasaran.

USB Type-A

Dikenal juga dengan nama USB standar A. Bentuknya sama dengan yang sering kita jumpai pada computer dan hub yaitu persegi panjang dan rata. USB Type-A ini memiliki 3 macam versi yaitu USB 1.1 USB 2.0 USB 3.0 (dan versi di bawah 1.1). Kabel USB yang sering kita gunakan salah satu ujungnya pasti bertype A seperti terlihat pada gambar untuk dicolokkan ke hostnya (induk) seperti ke laptop, pc, game consol, media player dan yang lainnya. Yang membedakan apakah itu versi 1.1, 0.2 atau 0.3 adalah warna bagian dalamnya atau juga keterangan pada badan konektor. Seperti sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya jika warna biru adalah untuk versi 3.0 dan warna hitam biasanya untuk versi di bawahnya.

USB Type-B

USB Type-B biasanya ujung yang satunya adalah konektor USB type-A. USB Type-B ini biasanya dihubungkan atau dicolokkan pada peripheral seperti printer, scanner, hardisk eksternal dll. Karena dihubungkan dengan berbagai pheriperal, USB Type-B juga memiliki bentuk yang berbeda-beda, berikut adalah penjelasan dari gambar di atas

  • USB Type-B Standar adalah dua gambar perta (dari kanan), sering juga disebut dengan Standard-B. Biasanya digunakan untuk menghubungkan scanner atau printer ke pc. Versi yang tersedia adalah 1.1, 2.0 dan 3.0 dengan warna biru untuk versi USB 3.0.
  • USB Type-B Mini. Dari namanya saja sudah jelas bentuk konektor USB Type-B Mini lebih kecil dibandingkan yang standard, kamu juga bisa melihat perbandingannya di gambar. Sering disebut dengan mini USB atau Mini-B USB. Biasanya digunakan untuk menghubungkan kamera, smartphone, hardisk eksternal dan lainnya. Mini USB sekarang sudah jarang digunakan dan sudah digantikan dengan micro USB.
  • USB Type-B Micro / Micro-B USB / Micro USB adalah bentuk paling kecil dari USB Type-B. Ada yang versi 1.1, 2.0 dan 3.0. Micro USB versi 1.1 dan 2.0 adalah yang paling banyak sekarang ini digunakan pada smartphone. Untuk yang versi 3.0 memiliki ciri seperti pada gambar, memiliki warna biru atau juga bentuk konektor yang terlihat memiliki dua kepala. Untuk yang memiliki tambahan pin seperti pada gambar di atas, sering juga disebut USB 3.0 powered B, menghasilkan power ekstra pada perangkat yang dihubungkan.

USB Type-C

USB Type-C bentuknya hampir sama dengan micro USB dengan ukuran 8,4 mm x 2,6 mm. kedua sisinya sama sehingga tidak takut terbalik saat memasangnya. Type ini nantinya akan mendukung versi 3.1 yang memiliki kecepatan 10Gbps dan mampu menghantar tegangan hingga 20 v (100W). Jadi di masa yang akan mendatang, mengecharge laptop atau notebook semudah mengecharge smartphone. Perangkat yang sudah menggunakan USB Type-C adalah Apple Macbook 12 inch.

Comments on this entry are closed.