Jenis Sensor Android & Cara Mengecek Fungsinya

by Ummy Tsabit on June 18, 2016

Sebagai pengguna Android yang cerdas, tentu kamu harus mengetahui berapa banyak RAM yang dimiliki ponsel Androidmu, seberapa besar penggunaan bateraimu, berapa piksel yang dimiliki kamera ponselmu, dan berapa inti (core) yang dibenamkan ke dalam ponselmu. Namun, apakah kamu pernah berpikir berapa banyak sensor yang ada di perangkatmu? Dan apakah kamu tahu, sudahkah mereka bisa berfungsi dengan benar atau tidak ? atau sensornya sudah rusak?

Jadi, jika kamu penasaran mengenai sensor apa saja yang ada di ponselmu dan fungsi mereka masing-masing, kamu bisa melakukan tes uji coba untuk mengetahui kelayakan kerjanya, tidak hanya pada ponselmu saja, tapi pada ponsel lain yang mungkin ingin kamu beli. Memeriksa ponsel seken yang ingin kamu beli merupakan suatu keharusan. Berikut akan kami ulas jenis-jenis sensor ponsel Android beserta cara mengecek kinerjanya :

Jenis-jenis  Sensor di smartphone Android

Jika kamu mempunyai ponsel Android unggulan (flagship) atau kelas menengah, maka kamu pasti akan memiliki semua sensor-sensor ini . Namun jika ponselmu kelas low entry, maka mungkin akan kehilangan beberapa sensornya. Berikut adalah jenis-jenis sensor Android :

  • Sensor Accelerometer: Sensor ini akan mendeteksi kecepatan teleponmu ketika digerakkan. Pembacaan Accelerometer akan melonjak pada setiap gerakan. Pertahankan accelerometer untuk tetap datar pada permukaan dan pembacaannya akan stabil. Hal ini juga digunakan untuk menentukan dimana ponsel berada dalam 3 dimensi. Fungsi dari Acceleromater yang paling umum adalah merubah tampilan layar secara otomatis dari landscape menjadi portrait atau sebaliknya.
  • Sensor Gyroscope : Giroskop merupakan selangkah lebih maju dari Accelerometer. Meski accelerometer bisa menunjukkan di mana ponsel berada dalam tiga dimensi, tetapi tidak bisa mengatakan bagaimana cara berputar di dalam posisi tiga dimensi. Jadi, giroskop membantu untuk mendeteksi rotasi sebuah perangkat, atau peregerakan ke atas, bawah, kanan dan kiri, maju dan mundur. Sensor ini membantu dalam bermain game FPS dan Racing.
  • Sensor Magnetometer : Yap, ponselmu memiliki kemampuan untuk mendeteksi medan magnet. Dan, sensor ini digunakan oleh aplikasi Compass untuk mendeteksi arah Kutub Utara dari planet.
  • Sensor Proximity : Proximity terdiri dari dua elemen, yakni LED dan detector cahaya. Sensor ini diletakkan dekat dengan lubang suara dari ponselmu. Sensor ini sebagian besar sangat membantu dalam situasi ketika kamu sedang menelepon dan menempelkan ponsel di telingamu dan layar akan mati secara otomatis untuk mencegah terbukanya aplikasi tertentu akibat adanya sentuhan atau gesekan, dan layar akan menyala kembali ketika dijauhkan dari telinga.
  • Sensor cahaya : Sensor ini mendeteksi seberapa terang cahaya di sekitarnya, di mana ponsel diletakkan.
  • Sensor Barometer (GPS ) : Sensor ini kebanyakan ditemukan dalam ponsel kelas high end. Ia akan mendeteksi seberapa tinggi jarak ponsel dari atas permukaan laut. Sensor ini akan memberikan akurasi GPS yang lebih baik.

Nah, setelah kamu mengetahui jenis-jenis sensor ponsel Androidmu, maka kini mari kita lihat aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah sensor ponselmu berfungsi dengan baik atau tidak :

Aplikasi untuk mengecek fungsi sensor

  • Sensor Test

Dengan Sensor Test, akan memberikan penjelasan terperinci dan nilai angka dari setiap sensor. Aplikasi ini juga menjelaskan tentang apa yang dilakukan sensor dan memberikan rentang maksimum dari sensor tersebut pada ponselmu. Selain itu ia juga menampilkan berapa banyak arus yang sensor tertentu butuhkan dalam rangka untuk bisa bekerja.

Kamu bisa membandingkannya dengan ponsel lain yang hampir sama dengan tipe ponselmu dan melihat apakah sensor di ponselmu masih berfungsi dengan baik atau tidak. Aplikasi ini sebenarnya tidak akan menunjukkan bahwa sensornya tidak berfungsi dengan baik namun hanya akan menampilkan nilai angka yang dikeluarkan setiap sensor. Jadi, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan membandingkannya dengan ponsel lain yang serupa dengan ponselmu.

  • Sensor Multitool

Jika kamu ingin melihat lebih dalam pada berbagai sensor yang berbeda dengan hasil yang lebih akurat, maka lebih baik kamu gunakan aplikasi Sensor Multitool. Dengan hasil yang akurat, aplikasi ini juga akan menunjukkan status dari sensor tersebut dengan grafik yang terperinci. Kamu juga bisa menyimpan hasil khusus dari waktu atau hari tertenu dan menyimpan riwayatnya.

Sensor multitool adalah alat yang hebat untuk melihat secara menyeluruh pada sensor yang berbeda. Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara terbaik untuk mengecek apakah sensormu masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak adalah dengan membandingkannya dengan ponsel yang serupa.

Comments on this entry are closed.