Kamus Besar Android Jilid 1

by Ummy Tsabit on December 3, 2015

Jika kamu merupakan salah satu pengguna baru dari smartphone Android, tentu kamu akan sedikit asing dengan istilah-istilah yang terdapat dalam Android. Android sendiri merupakan sistem operasi terpopuler saat ini. Platform open source besutan Google ini sebenarnya berbasis Linux. Jika kamu penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang istilah-istilah penting dalam sunia Android, simak ulasan lengkap mengenai Kamus Istilah Penting Android berikut ini:

istilah android

ADB

ADB merupakan singkatan dari Android Debug Bridge. ADB adalah sebuah software yang akan menjembatani antara perangkat Androidmu dengan komputer, sehingga memungkinkanmu untuk mengirim perintah (komando) tingkat tinggi ke ponsel atau tablet melalui kabel data USB.

AMOLED

AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emiting Diode. Ini adalah jenis panel layar yang dipelopori oleh Samsung dimana setiap individu piksel akan memancarkan cahanya sendiri, sehingga meniadakan kebutuhan akan lampu latar seperti yang diperlukan dalam panel LCD tradisional.

AOSP

Merupakan singkatan dari Android Open Source Project. AOSP adalah dasar dari Android secara keseluruhan, yang digunakan oleh para produsen dan pengembang independen untuk membuat firmware bagi perangkat Android yang berjalan diatasnya. Dalam bahasa sehari-hari, AOSP juga bisa digunakan untuk istilah yang merujuk pada versi Android yang dimodifikasi dalam beberapa kasus.

App

Merupakan singkatan dari Application. Sebuah program software, yang pada umumnya dikembangkan untuk platform mobile, yang bisa digunakan untuk melakukan sejumlah tugas.

ART

Merupakan singkatan dari Android Runtime. Ini merupakan perpustakaan mesin virtual Android baru yang menggantikan DALVIK yang lama. ART akan memungkinkan aplikasi yang sama untuk bisa berjalan di hardware yang sangat berbeda dengan bertindak sebagai perantara.

Bootloader

Bootloader adalah software yang akan meluncurkan Android dan layanan tambahannya ketika kamu menyalakan daya pada perangkatmu. Bootloader juga akan menyediakan sebuah interface untuk mengirimkan perintah Fastboot melalui koneksi USB komputer.

Build.prop

Adalah sebuah file teks yang berlokasi di folder system Android yang berisi banyak barisan kode yang bisa menentukan beberapa setting untuk perangkatmu. Dengan mengedit barisan kode ini, maka dapat menghapus pembatasan, memberikan pengguna akses ke fitur yang baru, merubah tingkat kepadatan layar, atau bahkan meningkatkan kinerja ( namun diperlukan akses root agar dapat memodifikasi file).

Busy Box

Merupakan satu set perintah khusus atau tool yang bisa diinstal pada perangkat yang sudah diroot untuk memberikan lebih banyak fungsi pada aplikasi tertentu. Pada umumnya, aplikasi Busy Box installer digunakan untuk menambahkan perintah ke perangkat yang sudah di root.

ClockWork Mod

Atau biasa disingkat dengan CWM, merupakan salah satu custom recovery Android pertama yang dibuat tersedia untuk beragam perangkat Android. Seperti halnya semua custom recovery, CWM juga bisa digunakan untuk melakukan NANDroids backups, menerapkan modofikasi pihak ketiga untuk Android, atau untuk menginstal custom ROM.

Custom Recovery

Merupakan software pihak ketiga yang menggantikan menu stock recovery Android, yang memiliki kemampuan tambahan untuk menginstal paket modifikasi (berupa ZIP yang bisa diflash), membuat NANDroid backups, dan untuk menginstal custom ROM.

Baca Juga : Pengertian Recovery Android

Custom ROM

Merupakan sebuah versi Android yang dibuat oleh pengembang independen untuk menggantikan tempat sistem operasi yang sudah ada pada suatu ponsel atau tablet. Biasanya, custom ROM bisa diinstal melalui custom recovery, dan pada umumnya menyertakan beberapa optimasi, begitu pula dengan fitur-fitur tambahan.

CyanogenMod

Atau bisa juga disebut dengan Cyanogen, CM, CM 12.1, atau yang lainnya. CyanogenMod adalah salah satu custom ROM Android pertama yang menyediakan dukungan untuk beragam perangkat Android. Berbasis pada AOSP, CyanogenMod menyertakan beberapa fitur tambahan dan opsi tweaking.

Dalvik

Dalvik adalah perpustakaan mesin virtual yang digunakan mulai dari Android versi Cupcake hingga KitKat. Dalvik kini sudah digantikan oleh ART sejak tahun 2014.

Factory Reset

Factory reset dilakukan untuk mengembalikan software perangkat Android ke kondisi awal dengan cara menghapus pengaturan dan file pengguna. Factory reset bisa dilakukan di dalam custom recovery atau melalui menu Setting Android.

Fastboot

Adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengirimkan perintah dari komputer ke perangkat Android melalui koneksi data USB ketika perangkat dalam posisi Bootloader mode. Fastboot umumnya digunakan untuk menginstal firmware secara manual atau untuk menginstal custom recovery.

Firmware

Merupakan software tingkat dasar yang diinstal pada sebuah perangkat, hingga dan juga termasuk system opearsinya. “Factory firmware” digunakan untuk menggambarkan software yang datang dalam kondisi pra-instal pada perangkat Android sebelum aplikasi atau modifikasi ditambahkan.

Flash

Flash adalah istilah untuk menginstal custom ROM atau menginstal ZIP yang dapat diflash melalui custom recovery, atau untuk menginstal image sistem operasi pabrik (factory operating system image) baik menggunakan Fastboot atau Odin.

Comments on this entry are closed.