Kamus Besar Android Jilid 2

by aries on December 4, 2015

Setelah pada ulasan sebelumnya, dibahas tentang beberapa istilah penting dalam dunia Android dalam artikel berjudul “Kamus Besar Android Jilid 1”, kini akan kami lanjutkan dengan membahas istilah Android lain yang perlu juga untuk kamu ketahui. Kamu pasti penasaran dengan apa itu yang namanya hard reset, soft reset, NFC, IMEI, dan masih banyak istilah Android yang lain. Semuanya akan kami ulas secara lengkap dalam “Kamus Besar Android Jilid 2” berikut ini :

istilah android

GPS

Singkatan dari Global Positioning System. GPS adalah teknologi yang digunakan dalam smartphone dan alat bantu navigasi yang menggunakan jaringan satelit untuk menentukan lokasi perangkat.

Hard Reset

Atau juga biasa disebut dengan Hard Reboot. Hard reset adalah aksi menekan dan menahan tombol power dan volume secara bersamaan untuk memaksa perangkat agar reboot ketika softwarenya sedang mengalami gangguan.

IMEI

Singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity. IMEI adalah sebuah nomer unik yang ditentukan untuk semua smartphone yang digunakan oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang valid. Jika ponsel dilaporkan telah hilang atau dicuri, maka IMEI-nya bisa diblokir, sehingga mencegah perangkat untuk bisa terhubung ke sebagian besar jaringan seluler.

Baca juga : Cara Backup & Restore IMEI dengan MTK Droid Tools

IPS

Singkatan dari In-plane Switching, sebuah teknologi touchscreen yang digunakan dalam panel layar LCD yang akan secara drastis meningkatkan sudut pandang pengguna.

Kernel

Kernel adalah software tingkat dasar di dalam Android dan system lain yang berbasis Linux yang akan menerjemahkan permintaan dari aplikasi ke dalam kode agar bisa dipahami oleh hardware seperti CPU. Sebuah kustom kernel  dapat diinstal oleh pengguna untuk menambah fungsionalitas dan membawa kontrol hardware tambahan seperti double-tap to wake.

Launcher

Launcher adalah home screen yang terdapat pada perangkat Android, yang digunakan untuk membuka dan mengatur berbagai aplikasi. Launcher default yang ada pada setiap perangkat bisa kita gantikan cukup dengan menginstal aplikasi launcher ringan dari pihak ketiga dari Google Play Store.

Live Wallpaper

Merupakan jenis wallpaper untuk perangkat Android yang menampilkan gambar non-statis dalam layar home screenmu. Umumnya live wallpaper dapat diinstal dalam bentuk aplikasi dari Google Play Store, dan banyak dari live wallpaper yang mampu merespon sentuhan, mendeteksi gerakan, mengulang video, atau mengacak antara beberapa gambar.

Material Design

Material Design adalah sebuah desain antarmuka terkini dari Android, yang menggantikan desain Holo yang sebelumnya. Material design diimplementasikan dalam upaya menyatukan antara desain aplikasi dengan menu sistem.

NANDroid Backup

NANDroid Backup juga bisa merujuk pada Nandroid saja, yang merupakan sebuah snapshot (cuplikan) dari seluruh deretan software  perangkatmu seperti saat ia kini berada. Backup Nandroid dibuat dalam custom recovery dan dapat di restore (dikembalikan) jika terjadi kesalahan kritis untuk membawa software perangkat kembali ke kawasan yang tepat ketika backupnya dibuat.

Notification Panel (panel notifikasi)

Atau biasa disebut juga dengan laci notifikasi. Opsi ini bisa diakses dengan menggeser satu jari ke arah bawah dari status bar, dan akan menunjukkan semua notifikasi baru, seperti SMS dan panggilan tak terjawab, yang bisa disapu pergi atau dihapus. Akan muncul indikator di status bar kapanpun ada notifikasi baru yang tersedia.

NFC

Singkatan dari Near Field Communication, yang merupakan standar komunikasi wireless dengan kekuatan sangat rendah yang biasa digunakan untuk menyalakan Android Pay dan Android Beam.

Odin

Odin adalah program software untuk komputer Windows yang dapat digunakan untuk menginstal firmware pada perangkat Samsung melalui koneksi data USB.

OEM

Singkatan dari Original equipment manufacturer, yang digunakan untuk merujuk pada software, firmware, hardware, atau aksesoris yang dibuat langsung oleh pabrikan perangkat Android (asli).

OTA

Singkatan dari over the air. OTA adalah istilah yang umumnya digunakan untuk mengacu pada update firmware yang dikirimkan ke perangkatmu secara wireless dari pabrikan atau operator perangkatmu. Jika perangkatmu sudah diroot, update OTA umumnya akan gagal untuk diterapkan.

PPI

Jika kamu melihat sebuah spesifikasi ponsel, tentu kamu akan disuguhkan tentang jumlah PPI atau tingkat kepadatan piksel. PPI merupakan singkatan dari pixels per inch, berupa ukuran yang digunakan untuk menentukan kepadatan piksel dalam sebuah layar ponsel. Perangkat yang memiliki angka PPI yang lebih tinggi, umumnya akan memiliki layar yang lebih detil dan tajam.

Soft Reset

Atau disebut juga dengan soft reboot, merupakan sebuah fungsi yang tersedia dalam beberapa custom ROM dan aplikasi via root yang akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk me-reboot perangkat cukup dengan merestart kembali Android sebagai kebalikan dari sepenuhnya me-reboot melalui bootloader.

Tethering

Tethering adalah proses menggunakan koneksi mobile data dari sebuah smartphone untuk menyediakan akses internet ke perangkat yang lain. Tethering umumnya sangat disukai oleh operator seluler karena tethering juga bisa digunakan dengan komputer, laptop, dan perangkat non-mobile yang lainnya.

TouchWiz

Sebuah versi tema Android yang menyertakan beberapa fitur tambahan yang tidak terdapat didalam AOSP, yang digunakan oleh Samsung dalam semua jenis perangkat besutannya.

TWRP

Singkatan dari Team Win Recovery Project, yang merupakan custom recovery berbasis sentuhan yang menawarkan kemampuan untuk menginstal modifikasi dan custom ROM, begitu juga dengan membuat dan me-restore NANDroid backups.

Comments on this entry are closed.