Kasus blank layar, setelah flash OPPO JOY R1001

by aries on November 9, 2015

Setelah saya melakukan flash Oppo Joy R1001 tanpa kendala, akhirnya saya bikin tutorial cara flash Oppo Joy R1001 dengan SP Flash Tool. Tutorial tersebut saya lengkapi dengan panduan berupa video. Selain untuk mempermudah dalam memahami langkah-langkahnya, juga sebagai bukti bahwa saya benar-benar sukses dalam melakukan flash Oppo Joy.

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai kasus blank layar setelah melakukan flash Oppo Joy. Padahal proses flash Oppo Joy berjalan lancar tanpa kendala. Setelah berhasil flash, Oppo Joy dinyalain hanya ada suara saja tanpa muncul display di layar (layar tetap hitam).

Nah kasus seperti ini disebabkan file Uboot pada SP Flastool kosong (No Patch) atau tidak tercentang sehingga menyebabkan HP Oppo Joy tidak menampilkan apapun di layar. File Uboot itu sendiri adalah LK.bin yang terdapat di folder firmware OPPO JOY. Untuk itu, silahkan baca cara mengatasi file location kosong di SP Flashtool.

Setelah file location pada Uboot terisi file LK.bin, centang pada Uboot-nya lalu flash ulang. Namun pada beberapa kasus hal ini tidak bisa menyelesaikan masalah. Saya sendiri tidak tahu mengapa begini. Hal ini tentu perlu kita kaji lebih dalam lagi.

Yang jelas, saat flash pertama kali untuk Oppo Joy pastikan file Uboot tercentang dengan file location terisi LK.bin. Karena terkadang jika di flash ulang meski pada bagian Uboot suah dibenahi hasilnya tetap sama (blank layar LCD).

Awalnya saya mengira LCD Driver IC pada Oppo Joy berbeda-beda. Namun, ini masih sebatas perkiraan yang sampai sekarang saya belum bisa memastikan. Selain itu, saya juga menduga terjadi kerusakan pada LCD bebarengan saat proses flasing sehingga LCD jadi blank. Dugaan yang kedua sedikit terjawab dengan informasi yang saya dapatkan dari salah satu rekan alltutorial.net. Dia mengalami kasus blank layar setelah flashing OPPO Joy. Setelah file Uboot di SP Flash Tool diperbaiki dan mencoba flash ulang hasilnya tetap sama. Untuk itu dia coba flash ulang, tapi menggunakan volcano box dan OPPO Joy kembali normal seperti sedia kala.

Kesimpulan sementara, saat flash pertama kali utuk OPPO Joy akan sukses (tampilan layar LCD muncul) jika file Uboot sudah tercentang dan file location-nya tersisi dengan file LK.bin. Namanya juga kesimpulan sementara, jadi saya perlu informasi tambahan dari rekan-rekan yang melakukan flash pertama kali OPPO Joy sudah sesuai prosedur tapi tetap layar blank, silahkan informasikan di kolom komentar yang telah disediakan.

Jika proses flash sudah untuk kedua kaliya (saya asumsikan flash pertama gagal gara-gara Uboot tidak tercentang), saya tidak menjamin akan berhasil, artinya layar tidak akan blank. Kenapa demikian, mari kita diskusikan di kolom komentar yang telah disediakan.

adriel November 11, 2015 at 9:00 pm

kbtulan nih gan. udah bbrpa kali flash masih blank cuma getar2 aja oppo ane. tapi file LK nya bukan LK.bin gan punya sy. Jadi uboot nya sy isi sma uboot.bin dari direktori. tapi masih gak brhasil. apa mungkin emmc nya rusak ya ?

Ummy Tsabit November 12, 2015 at 10:21 pm

Kadang disebut LK.bin atau Uboot.bin sama aja gan. beda penyebutan saja. Coba flash pake Valcone Box..

ryan December 9, 2015 at 7:15 pm

Bagi File LK nya bos

Aris Ahmad December 9, 2015 at 8:36 pm

Kalo agan sudah download firmwarenya, pasti disana sudah ada file LK-nya gan.
Nah, jika pada SP Flash Tool kosong, solusinya baca di http://alltutorial.net/cara-mengatasi-file-location-kosong-di-sp-flash-tool/

win December 16, 2015 at 10:54 am

Ini gan sy sda tlanjur flesh prtama uboot kosong. skrng layar jdi blenk. Apa ada jalan penyelesaian nya?

Aris Ahmad December 16, 2015 at 11:23 pm

Coba flash ulang dan uboot dicentang ya. Kalau masih tetep sama, ya coba flash dengan box flasher

Dodi tora December 18, 2015 at 12:36 pm

Saya punya kendala sama gan..flashing selesai dan berhasil…dan sewaktu di hidupkan layar tak mau masuk ke tampilan menu lalu blank hitam…
Tapi begitu saya coba ganti lcdnya hp normal….

Aris Ahmad December 20, 2015 at 5:12 pm

Makasih gan, bisa jadi infomasi tambahan buat yang punya Oppo R1001.

Rian March 6, 2016 at 9:22 pm

Apakah setelah ganti lcd langsung bisa dipakai normal kembali apa harus flash lagi ? mohon pencerahan gan, oppo joy saya mati udah sebulan, bingung sana sini gak pada bisa. Jawab secepatnya, bisa lewat sms / telp 085225127612

Aris Ahmad March 7, 2016 at 11:12 pm

kalau memang yang rusak LCD-nya ya ganti langusng normal, tidak perlu flash. Tapi kalau kasus blank layar setelah flash, ini yang masih perlu dikaji ulang.

Comments on this entry are closed.