Kenali Ciri-ciri Aplikasi Berbahaya di Android dan Cara Menghindarinya

by aries on September 23, 2016

Sebagai pengguna smartphone berbasis Android tentu kita dimanjakan oleh berbagai aplikasi baik yang berbayar maupun gratis di Playstore yang memudahkan dalam mengoperasikan smartphone kita. Sayangnya tidak semua aplikasi yang tersedia di Playstore maupun di toko aplikasi lainnya itu aman untuk smartphone Anda.

Kenali Ciri-ciri Aplikasi Berbahaya di Android dan Cara Menghindarinya

Salah instal aplikasi atau kurang cermat dalam memilih aplikasi untuk smartphone bisa-bisa malah membuat smartphone terkena virus atau malware. Dan yang yang masih menjadi hot dari jajaran malware Android adalah virus “sexy hot” dkk. Oleh sebab itu, berhati-hati dalam menginstal aplikasi untuk smartphone itu wajib hukumnya.

Sebelum Anda menginstal suatu aplikasi, sebaiknya kenali ciri-ciri aplikasi berbahaya di Android berikut ini agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Ciri-ciri Aplikasi Berbahaya di Android

  • 1.    Tidak terdaftar di Playstore

Ciri paling umum suatu aplikasi Android yang patut dicurigai sebagai aplikasi berbahaya adalah aplikasi tersebut tidak terdaftar di Playstore.

Google biasanya melakukan penyaringan dan review terhadap setiap aplikasi yang terdapat di Google Playstore. Sehingga kecil kemungkinannya aplikasi yang terdapat di Google Playstore itu mengandung malware atau virus.

Oleh sebab itu, jika Anda hendak  menginstal suatu aplikasi, sebisa mungkin pilih aplikasi yang terdapat Playstore untuk mengurangi resiko adanya malware atau virus yang ikut terunduh.

  • 2.    Deskripsi aplikasi tidak jelas

Setiap aplikasi yang terdapat di Playstore, biasanya memiliki deskripsi yang dicantumkan oleh pengembang aplikasi tersebut. Aplikasi yang aman tentu memiliki kesesuaian antara deskripsi yang dicantumkan dengan nama, seri maupun keterangan lainnya dari aplikasi.

Jika deskripsi pada aplikasi tersebut tidak sesuai, tidak jelas atau tidak lengkap, sebaiknya Anda menghindari untuk mengunduh aplikasi tersebut.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.