Keunggulan Smartphone Dengan Baterai Removable

by aries on June 4, 2015

Saat ini, rata-rata smartphone kelas premium seperti Sony Xperia Z Ultra, Samsung Galaxy A5, ataupun Oppo R5 menggunakan baterai jenis Non Removable, dimana baterainya langsung tertanam ke dalam bodi dan tidak bisa dilepas begitu saja. Namun, smartphone yang setia menggunakan baterai Removable (bisa dibongkar pasang) juga masih banyak. Inilah yang memunculkan perdebatan mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan baterai yang Removable dan yang Non-Removable? Serta lebih baik menggunakan yang mana? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya memilih smartphone dengan baterai Removable :

Upgrade baterai

Masa hidup (life span) baterai sangatlah penting bagi sebuah smartphone. Apakah ponselmu bisa bertahan seharian tanpa harus di charge, merupakan sebuah pertimbangan besar dalam memilih smartphone. Bagaimana jika tiba-tiba kamu harus membuat panggilan darurat sementara bateraimu habis? Berbagai macam upgrade baterai dari software pihak ketiga telah tersedia, sehingga memungkinkanmu untuk mengisikan lebih banyak daya (menambah jumlah mAh) ke dalam ruang yang sama di dalam hand setmu. Ada lagi yang lain? Jika upgrade baterai yang sudah dipasang dalam perangkatmu ternyata gagal, maka kamu bisa dengan mudah menggantinya dengan yang baru tanpa harus membeli smartphone baru lagi.

Peningkatan kinerja baterai

Pilihan lain bagi pemilik hand set dengan baterai yang bisa dilepas adalah, kamu bisa membawa serta baterai terpisah yang belum discharge, yang langsung bisa diganti saat baterai yang asli mati. Jika kamu sedang berada dalam perjalanan jauh melewati alam liar, atau sedang dalam liburan, maka ini akan jauh lebih berhemat daripada kamu harus repot-repot berburu soket power. Memang, adanya power bank saat ini juga bisa melakukan tugas yang sama, namun dengan mengganti baterai secara langsung, biasanya akan lebih mudah, praktis, dan lebih murah, dimana itu semua merupakan pertimbangan penting saat kamu berada di jalan. Jika kamu tidak punya ponsel dengan baterai removable, maka kamu harus membawa serta power bank atau kotak charger ke manapun kamu pergi.

Masalah troubleshooting

Keuntungan terakhir dari ponsel dengan baterai yang bisa dilepas adalah langsung bisa dicopot keluar saat perangkat dalam kondisi hang/ freeze ketika sedang di hard reset/ semisalnya. Bagi ponsel dengan baterai non removable yang mengalami masalah yang sama, maka tidak ada banyak pilihan untuk mengatasi hand set yang tidak bisa merespon atau tidak mau nyala.

Comments on this entry are closed.