Kini, Telah Hadir Android One di Indonesia

by aries on February 3, 2015

Salah satu proyek ambisius Google untuk membuat smartphone yang bisa dimiliki oleh sejuta ummat, terutama kalangan bawah kini sudah mulai terwujud. Pada awal tahun 2015 ini, Google telah merilis Android One. Menurut Google, di dunia ini dari setiap empat orang, hanya satu orang saja yang bisa mencicipi smartphone berkualitas. Untuk itu, Google berharap lewat Android One semua kalangan bisa menikmati kecanggihan dari system operasi Android besutan Google ini. Ingin tahu lebih dalam mengenai Android One? Simak ulasannya berikut ini:

ulasan tentang android one

Desain & Layar

Sekilas, desain dari Android One hampir mirip dengan Xiaomi RedMi 1S. namun, smartphone ini sedikit lebih ringan dan ramping. Meski material bahannya terbuat dari plastik, namun casing belakang dari Android One terasa kesat dan nyaman saat digenggam. Layarnya berukuran standar (tidak terlalu besar dan tidak kecil), yakni 4,5 inchi dengan resolusi 480×854 piksel. Sayangnya, layarnya masih TFT LCD. Yang menarik, terdapat logo ‘Android One’ yang nampak jelas di bagian belakang.

Kinerja

Menggunakan prosesor MediaTek MTK 6582 Quad core dengan clock speed 1,3 GHz, serta ditopang dengan RAM 1 GB dan pengolah grafis Mali 400-MP, menjadikan kinerja dari Android One cukup gesit dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai menjelajah situs jejaring social, bermain game, membuka email, hingga mendengarkan musik. Bisa dibilang smartphone ini cukup memadai untuk multitasking. Hasil uji kinerjanya lewat AnTuTu juga menunjukkan hasil yang bagus, 18.566 poin. Bahkan, Vellamo telah memberi skor di atas perolehan Samsung Galaxy S3 untuk Android One.

Multimedia

Meski smartphone ini dikhususkan untuk kelas entry level, namun fitur multimedianya terbilang lengkap. Tersedia kamera utama 5MP+LED Flash dan kamera depan 2MP. Fitur kamera yang ada cukup beragam, meski hasil fotonya tidak terlalu bagus. Apalagi saat kondisi low light, kurang begitu memuaskan. Bagi kamu yang sibuk dengan tugas dan pekerjaan seperti Words, Excel, dan Power Point, bisa diakomodasi dengan aplikasi Quick Office full version yang mantap. Ada pula peramban andalan Google, Chrome yang sudah terintegrasi dengan Play Store. Menu-menu khas Google lain seperti Play Book, Play Games, dan Play Music juga tidak ketinggalan.

Syarat dari Android One

Proyek teranyar dari Google ini telah melibatkan berbagai pihak. Diantaranya, Qualcomm dan MediaTek (pemasok chipset), Airtel (operator seluler), beberapa vendor smartphone seperti, Xolo, Asus, Spice, HTC, Micromax dan masih banyak lainnya. Google memberikan lima syarat bagi vendor yang ingin menggunakan perangkat Android One, yakni :

  • Minimal sudah harus menggunakan Android KitKat
  • Prosesornya juga minimal sudah Quad core
  • Menggunakan system Dual SIM Aktif
  • Menyediakan penyimpanan memori eksternal (slot micro SD), meski sudah ada Cloud Storage
  • Menyediakan Dual kamera (utama dan depan), dengan besaran resolusi terserah.

Kesimpulan

Dibanderol pada kisaran harga di bawah Rp 1,5 juta, Android One merupakan suatu produk yang sudah memenuhi standar smartphone Android terkini, dengan penggunaan yang sederhana. Apalagi, smartphone ini sudah menggunakan teknologi Dual SIM dan Android KitKat, dengan suguhan antar muka yang menraik. Sangat pas bagi kamu yang belum mempunyai smartphone Android, atau memiliki budget yang pas-pasan. Kekurangannya terletak pada memori internal yang hanya 4GB, dan kualitas kameranya yang tidak terlalu bagus.

Comments on this entry are closed.