Laptop Anda tidak ada suaranya? Mungkin ini solusi akhirnya

by Siti Eka Kurniati on July 19, 2015

Siapa sih yang pengen punya laptop bisu yang gak ada suara nya? Hidup ini terasa hampa kalo tanpa musik. Terkadang kita juga butuh itu yang namanya hiburan seperti nonton film/ video dan mendengarkan musik saat lagi menggunakan Laptop.

Kebayang-kan gak enak nya nonton film/video di laptop tapi gak ada suaranya. Di tambah di Film itu gak ada Subtitlenya. Hidup ini terasa gak adil hahaha.

Cara mengatasi komputer tidak ada suaranya

Ceritanya:

Ini pengalaman pribadi saya nih punya laptop dengan Merk HP 110. Ini laptop warisan dari kakak saya, waktu belinya aja udah second, jadi udah lama banget ini laptop. sampai sekarang masih bertahan, ini laptop luar biasa gan. Mau di jual mungkin udah gak ada yang mau lagi. 😀

Ini jengkelnya waktu lagi asyik make nih laptop dan dengerin musik, gak ada hujan gak ada petir ini musik di laptop tiba-tiba hilang di telan bumi. Awalnya sih gak panik dan biasa aja, karna di fikiran saya ini laptop mungkin bermasalah sama Windows dan driver nya.

Tapi setelah di Install ulang Windows XP, ganti install Windows 7 bahkan W8, udah install driver2 yg ada di internet, suara laptop tetep gak ada. Parahnya kalo colokin pake headset tetep gak ada suara. Udah tanya sama temen2, nanya sama Guru Komputer di Sekolah dan nyari solusi di Google tetep gak bisa.

Waktu praktek Industri Perakitan Komputer di Jogja, saya coba tanya sama teknisi disana, katanya kalo laptop hilang suara secara tiba2 gitu, langsung di shutdown terus nyalain lagi dan tekan F8 terus sampai masuk ke Safe Mode. Tapi saya bilang kalo laptop saya itu udah di install ulang berkali2 tapi masih tetep gak ada suara. Terus dia bilang kalo gitu mah udah “Trouble” bisa saja itu ke hardware.

Pantang menyerah akhirnya bertanya ke suatu Forum di Kaskus. tetep saja gak ada solusi nya. disitu malah gak ada yg tau malah nyaranin untuk ke tempat Service Hardwarenya. Biasanya sih kalo ke Service Hardware gitu, Harganya Selangit. Itu Males banget !

Dan tanpa sengaja lagi main ke situs Tokobagus.com (olx.co.id) di bagian Aksesoris Komputer, disitu ternyata ada yg jual yg namanya USB SOUND CARD

Dan Akhirnya saya mencari tahu apa kegunaan benda ini. Dan ternyata inilah solusi Laptop gak ada suara yg selama ini saya cari.

Akhirnya saya membeli USB SOUND CARD di FJB Kaskus sama Kaskuser yg ada di Jakarta dengan Harga Yg sangat murah cukup 37.000 rupiah.

Setelah langsung coba di Laptop, Seperti mukjizat yg turun dari langit. Akhirnya saya bisa dengerin musik di laptop saya walaupun harus pake headset, yg penting bisa dengerin MP3 dan nonton film

Itulah ceritanya, mungkin ada diantara pembaca yang memilik permasalahan yang sama persis seperti penulis ceritakan.

Apa itu Soundcard USB?

Adalah perangkat keras eksternal berguna untuk menjadi Output atau Input Suara, dengan pemasangan menggunakan port USB. Bentuknya kecil dan sangat mudah dibawa kemana-mana. SoundCard USB dapat mengeluarkan Suara dan Memasukan Suara, karena di perangkat ini memiliki dua Input. Soundcard USB ini banyak sekali variannya, jadi tinggal di sesuaikan dengan budget yang dimiliki ! Ono rupo ono rego, kualitas Soundcard USB tergantung dengan harganya.

Kesimpulan:

Tidak adanya suara pada laptop atau komputer bisa disebabkan oleh dua hal, yang pertama adalah software. Seperti, Windowsnya error sehingga mungkin salah satu atau sebagian drivernya rusak yang menyebabkan hardware tidak bekerja. Jadi, coba pastikan dulu dengan dicek menggunakan software pendeteksi driver. Kalai dari segi software tidak masalah, bisa dipastikan penyebabnya adalah hardware pada bagian sound yang rusak. Solusinya, ganti dengan PCI sound card untuk komputer, atau USB sound card untuk laptop yang lebih praktis.

Comments on this entry are closed.