Masalah Yang Paling Sering Muncul di Galaxy S5 Beserta Solusi (Bag 1)

by Ummy Tsabit on February 14, 2016

Memang, Samsung Galaxy S5 termasuk ponsel kelas papan atas, namun sebenarnya ponsel itupun tidak bisa dikatakan sempurna. Banyak juga para pengguna S5 yang melaporkan telah mengalami beberapa masalah dengan ponsel pendahulu S6 tersebut. Entah itu masalah baterai, audio, kamera, bluetooth, dan yang lainnya. Jika kamu merupakan pengguna Samsung Galaxy S5 dan ternyata juga mengalami salah satu masalah tersebut, berikut akan kami ulas tentang masalah-masalah yang sering muncul di S5 beserta solusi bagaimana untuk mengatasinya :

Cara mengatasi masalah daya tahan baterai Galaxy S5

Masalah daya tahan baterai memang menjadi duri tajam bagi hampir semua pengguna smartphone, tidak hanya bagi pemilik Galaxy S5 saja. Sudah banyak sekali komplain tentang daya tahan baterai S5 yang sangat boros. Berhubung tidak solusi jaminan untuk mengatasi hal ini, kamu masih bisa melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan daya tahan baterai S5. Seringkali juga, hal ini disebabkan oleh penggunaan aplikasi pihak ke tiga, maka dari itu kami sarankan untuk menjalankan ponsel dalam Safe Mode.

Booting dalam Safe Mode akan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga sehingga akan memungkinkanmu untuk mengenali biang kerok potensial yang sesungguhnya. Jika kamu belum begitu familiar dengan istilah Safe Mode, kamu bisa membacanya pada artikel : Cara Menyalakan Safe Mode Android.

Selain itu, juga disarankan untuk selalu melakukan upadate pada aplikasi yang sudah kamu instal yang biasanya datang dengan perbaikan bug dan peningkatan terbaru. Pastikan pula kamu sudah mengumpulkan informasi umpan balik dari Play Store sebelum kamu melanjutkan langkahmu.

Ada baiknya juga kamu me-restart ponselmu untuk melihat apakah hal itu bisa mengatasi masalahnya. Tindakan Reboot ini akan membersihkan cache dan mematikan layanan yang kemungkinan telah melahap daya baterai. Coba pula untuk menonaktifkan NFC dan Bluetooth dan jangan gunakan live wallpaper. Live wallpaper berpotensi untuk melahap daya bateraimu di balik layar.

Cara mengatasi masalah jaringan Wi-Fi Galaxy S5

Masalah Wi-Fi juga termasuk salah satu masalah yang paling umum muncul di S5. Seperti halnya masalah daya tahan baterai, tidak ada solusi yang terjamin untuk bisa mengatasi masalah ini. Hal pertama yang bisa kamu coba adalah dengan me-restart Galaxy S5. Jika dengan reboot sederhana tidak mempan, maka waktunya untuk mengecek koneksinya.

Coba reboot kembali router Wi-Fi mu jika kamu belum pernah  melakukannya untuk sementara waktu ini. Ada baiknya jika kamu mencabut router untuk sekitar waktu 30 detik, lalu colokkan kembali. Kamu juga bisa melakukannya pada modem juga. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk meng-update firmware routermu. Jika hal ini masih belum juga bisa memperbaiki masalahanya, maka waktunya untuk memeriksa pengaturan perangkatnya.

Lupakan jaringan Wi-Fi yang menyebabkan masalah tersebut muncul. Caranya, pergi ke Setting > Wi Fi, dan pilih nama jaringan Wi-Fi yang kamu ingin dan tekan “Forget”. Lalu coba untuk menghubungkan kembali ke jaringan Wi-Fi tadi dan jangan sampai kamu lupa passwordnya. Kamu juga bisa mencoba untuk booting dalam Safing Mode untuk melihat apa jadinya jika terjadi pembatasan akses.

Cara mengatasi masalah update Galaxy S5

Setiap kali Samsung merilis update untuk Galaxy S5, para penggunanya seringkali mengalami masalah instalasi. Jika hal tersebut juga terjadi padamu. Maka ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Jika kamu mengalami error Instal Interrupted, maka pastikan kamu menginstal updatenya melalui koneksi Wi-Fi yang pasti cepat, periksa koneksinya dan coba instal sekali lagi. Jika masalahnya tidak terletak pada koneksinya, maka cobalah untuk me-restart ponselnya, jika restart tidak mempercepat proses instalasinya, maka kamu bisa menggunakan Samsung’s Kies for PC. Jika belum berhasil juga, maka kamu mungkin perlu melakukan factory reset.

Cara mengatasi masalah Bluetooth Galaxy S5

Jika kamu mengalaminya, maka ada beberapa solusi untuk kamu coba sebelum kamu membanting ponselmu ke tembok. Cara pertama, coba untuk mematikan dan menyalakan kembali bluetoothnya. Untuk melakukannya, pergi ke Setting >Bluetooth, dan geser ke mode Off, lalu On setelah jeda beberapa saat. Jika cara ini tidak bisa menyelesaikan masalahnya, maka waktunya untuk melupakan koneksimu. Pergi ke menu Bluetooth dan lupakan perangkatmu. Setelah koneksinya direset, maka lupakan jaringannya di ponsel, lalu coba untuk menghubungkannya kembali (reconnect).

Comments on this entry are closed.