Masalah Yang Sering Muncul di Galaxy S5 Beserta Solusi (Bag 2)

by Ummy Tsabit on February 16, 2016

Ternyata, masalah yang sering muncul di Samsung Galaxy S5 bukan hanya sebatas masalah Wi-Fi, baterai yang boros, atau koneksi Bluetooth saja. Ada banyak juga masalah lain yang dihadapai, seperti masalah micro SD, kamera, performa dan yang lainnya. Untuk itu, kali ini akan kita bahas tentang  bagaimana cara mengatasi berbagai masalah yang kerap muncul di Samsung Galaxy S5 pada artikel berikut ini :

Cara mengatasi masalah Micro SD Galaxy S5

Masalah ini juga sering dikeluhkan oleh para pengguna, karena biasanya kartu Micro SD tidak terdeteksi. Untuk mengatasi micro SD yang tidak terbaca, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba.

Pertama-tama, matikan ponselnya lebih dulu. Saat sudah mati, pastikan jika slot kartu Micro SD nya tidak ada yang menghalangi. Periksa pula apakah ada debu yang menutupi. Bersihkan slotnya jika perlu, lalu nyalakan kembali ponselnya.

Jika ternyata tidak ada masalah dengan slotnya, coba booting ponselmu ke dalam safe mode untuk memeriksa jika ternyata masalahnya terkait dengan aplikasi. Safe Mode akan menonaktifkan semua aplikasi yang bukan bawaan ponsel, sehingga kamu akan tahu jika ada masalah dengan aplikasi jika micro SD nya berfungsi baik-baik saja saat Safe Mode diaktifkan. Jika kamu berpikir kalau kartu Micro SD nya ternyata Corrupted alias rusak, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan Formatting, dengan resiko semua data yang tersimpan didalamnya akan hilang.

Cara mengatasi masalah kinerja Galaxy S5

Jika kamu sering mengalami lag atau lemot pada ponsel S5 mu, maka akan ada beberapa solusi untuk membantu menstabilkan performa dari perangkat seperti pada ulasan berikut ini;

Solusi paling potensial pertama adalah dengan membersihkan cache partition, yang bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Matikan ponsel Galaxy S5.
  • Tekan dan tahan tombol Home, Power, dan Volume Down secara serentak hingga ponselnya bergetar.
  • Ketika logo Samsung muncul, lepaskan semua tombolnya.
  • Tekan terus Volume Down hingga ke pilihan Wipe Cache Partition. Pilih dengan menggunakan tombol Power. Pilih Yes.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Reboot Galaxy S5 mu.

Disarankan pula untuk tidak memakai live wallpaper, karena bisa berdampak negatif terhadap performa ponsel. Kamu juga bisa mencoba untuk mematikan NFC jika kamu sedang tidak menggunakannya. Jika kamu ingin melangkah lebih jauh, coba pula untuk mematikan animasi. Caranya, pergi ke menu Developer Option di bagian Setting. Jika belum muncul, maka cara untuk menyalakan Developer Option adalah dengan pergi ke Setting > About Phone. Dan pada bagian Build Number, tekan hingga tujuh kali hingga muncul pop up, “You are now a developer”.

Setelah opsi Developer Option aktif, buka dan gulir ke bawah hingga ke seksi Drawing. Dari sinilah kamu bisa mematikan animasi. Ada tiga pilihan yang ada : Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Jika kamu ingin animasinya hilang total, maka atur ke posisi off. Jika ingin kinerja lebih cepat namun masih memakai animasi, kamu bisa mengaturnya ke level 5. Hapus pula aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai dan tidak terlalu penting.

Cara mengatasi masalah Kamera Galaxy S5

Ada banyak sekali komplain tentang adanya bug di kamera Samsung. Salah satunya adalah munculnya tulisan ‘Camera Failed’ saat memotret, proses penangkapan gambar yang lambat, dan yang lainnya. Jika ternyata kamera S5 mu juga mengalami hal yang sama, maka cobalah solusi berikut ini;

Tap pada ikon roda bergerigi yang muncul pada layar ketika kamu membuka aplikasi Kamera. Cobalah untuk menonaktifkan image stabilization saat kamu tidak membutuhkannya. Karena hal itu sudah kondang bisa menyebabkan lag.

Selain itu, kamu mungkin harus mencoba untuk mereset settingan kamera untuk melihat apakah ada efek positif pada performa aplikasi kamera secara keseluruhan. Jika ternyata masih gagal terbuka, coba untuk merestart ponsel. Hal ini tampaknya berhasil bagi beberapa pengguna S5.

Coba pula untuk menghapus cache dan data dari aplikasi kamera dengan cara pergi ke Setting > Apps. Pilih Camera. Lalu pilih Force Stop, Clear Data, dan Clear Cache. Jika masih belum berhasil juga, lakukan langkah pembersihan cache partition seperti yang sudah disebutkan diatas.

Cara mengatasi masalah Aplikasi galaxy S5

Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi di S5, maka ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan. Pertama-tama, coba untuk meng-update aplikasi. Ada kemungkinan jika pengembang telah menemukan solusi untuk mengatasi bug pada update terbarunya. Kamu juga bisa mencoba untuk menginstal kembali aplikasinya.

Cara mengatasi masalah Charging Galaxy S5

Ada juga pengguna yang mengeluhkan tentang lamanya proses pengisian daya (charging) pada Galaxy S5 mereka. untuk mengatasinya, pertama-tama pastikan kamu mengecas menggunakan charger bawaan asli dari Galaxy S5. Jika masih belum berhasil, coba gunakan charger dengan tingkat voltase yang sama dengan Galaxy S5.

Jika semua solusi yang disebutkan diatas tetap tidak berhasil juga mengatasi masalah yang timbul di ponsel Galaxy S5 milikmu, maka kini saatnya kamu melakukan langkah akhir, yakni Factory Reset. Namun sebelum itu pastikan kamu sudah melakukan back up pada semua file pentingmu. Kamu bisa melakuakn Factory Reset dari menu Setting, atau melakukannya dengan masuk ke Recovery Mode.

Comments on this entry are closed.