Matot, Layar Blank, TS Eror Setelah Flash Samsung Replika

by aries on May 5, 2016

Kasus matot, layar blank, TS (Touch Screen) eror setelah flash samsung replika merupakan masalah yang sering terjadi. Sebenarnya, bagiamana ini bisa terjadi dan apa solusinya. Berikut ini saya rangkum penyebab dan solusinya agar bisa sedikit memberi gambaran buat agan-agan yang lali puyeng 😀

Penyebab

Flash tanpa mengetahui spesifikasi detil Samsung replika dengan MTK Droid tool. Biasanya mereka langsung flash saja dengan hanya berbekal model phone yang tertera dibalik baterai tanpa mengetahui prosedur flash samsung replika yang benar.

Efek

HP biasanya tidak hanya sekedar blank saja, tapi matot dan kalau di flash ulang terkadang muncul pesan error enable dram fail. Selain itu, terkadang juga HP hidup normal, cuma ada eror pada TS.

Solusi

Coba satu persatu firmware yang menurut kita cocok. Jadi main insting saja karena kita sudah tidak mungkin mengetahui spek asli dari HP replika yang sudah matot. Tapi kalau layar blank , firmware sudah tepat hanya saja LCD driver IC yang belum cocok. Jadi cari firmware yang sama namun beda LCD driver IC-nya. Ini dengan catatan suara ada, tombol volume dan power berfungsi sebagiamana mestinya.

Selain itu, LCD blank juga bisa dari sisi hardware (LCDnya yang rusak jika audio berfungsi dengan baik), jadi tidak ada salahnya mencoba ganti LCD sebelum gerilya cari firmware lain. Hal ini pernah saya alami untuk seri SM-G9006V dan SM-G900, semua berfungsi dengan baik, hanya saja layar blank. Setelah pusing cari firmware dengan tipe LCD driver IC yang beda tidak ketemu juga, akhrinya saya coba ganti LCD dan ternyata benar yang rusak adalah LCD-nya. 😀

Jika layar blank dan tidak ada suaranya, berarti firmware tidak tepat, jadi coba cari firmware dengan tipe yang lainnya.

Sedangkan untuk masalah touch screen yang eror ini saya bagi menjadi dua. Satu, eror dalam artian sama sekali tidak berfungsi berarti harus ganti TS jika memang suara HP-nya ada  (audio berfungsi dengan baik). Kalau tidak ada suara, berarti ganti firmware lain yang berbeda. Yang kedua, eror touch screen berfungsi abnormal, berarti cari firmware dengan tipe yang sama dari situs lain. Hal ini pernah saya alami pada Samsung Replika GT-I9600.

Comments on this entry are closed.