Membuat Bingkai di Word

by Siti Eka Kurniati on September 3, 2015

Di kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial bagaimana membuat atau menambah bingkai pada sebuah dokumen di MS Word. Menambahlan bingkai atau border dalam lembar kerja di Microsoft word tidak bisa menggunakan teknik seperti pada perangkat lunak grafis photoshop maupun illustrator. Karena tentu saja MS Word merupakan software pengolah kata / teks.

membuat bingkai di word

Ada langkah-langkah yang musti kamu tempuh jika ingin menambah border di ms word, dan beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik dokumen milikmu dengan menambahkan bingkai.

Menambah Bingkai di Seluruh Dokumen

Penambahan bingkai bingkkai yang pertama adalah menambah bingkai ke seluruh halaman dokumen.

  • Siapkan dokumen yang akan kamu tambahkan bingkai. Bisa berupa dokumen kosong atau yang telah terisi.
  • Pergi ke menu Page Layout, klik Page Borders (Page Borders ada di bagian Page Backround.)
  • Akan muncul kotak dialog Borders And Shading. Berikut ini adalah penjelasan dari tab Borders And Shading

Setting

None         : Untuk menghapus border (Meniadakan border)

Box           : Menambah Border tanpa efek apapun

Shadow   : Menambah border dengan memberikan efek bayangan

3D             : Menambah bingkai atau border dengan efek 3 dimensi

Custom   : Menambah border dengan ketentuan tertentu

Style

Dengan Style kamu bisa menentukan jenis garis yang akan membingkai dokumenmu. Ada puluhan jenis frame berbagai gaya yang bisa kamu gunakan.

Color

Color tentu saja untuk menentukan warna bingkaimu setelah kamu memutuskan style apa yang akan kamu gunakan untuk membingkai halaman.

Width

Dengan width kamu bisa mengubah ukuran bingkai yang akan kamu terapkan. Satuannya adalah pt (point), mulai dari 0.25 point sampai 6 point.

Art

Art adalah sekumpulan bingkai dengan bentuk yang unik dan lucu. Kebanyakan orang lebih sering menggunakan art ketimbang style untuk menambahkan bingkai pada halaman dokumen mereka.

  • Setelah kamu memahami bagian-bagian dari tab Borders and Shading, sekarang untuk menambahkan bingkai ke seluruh dokumen, kamu pilih jenis bingkai mana yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memilihnya dari Style atau dari Art.
  • Setelah selesai memilih, pada bagian Aply to : kamu klik yang Whole Document, lalu klik OK

Menambah bingkai di halaman pertama saja.

Kadang kita hanya menginginkan sebuah bingkai hanya terletak di halaman terdepan (halaman pertama) seperti halaman untuk judul atau halaman cover. Ada teknik tertentu supaya kamu bisa menambahkan bingkai pada halaman pertama saja, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Seperti langkah pertama di atas. Pergi ke menu Page Layout lalu klik Borders.
  • Setelah kotak dialog Borders and Shading muncul, tentukan jenis bingkai yang akan kamu gunakan. Lalu drop down aply to : pilih yang This Selection-First Page Only. Kemudian baru klik OK.

Menerapkan bingkai berbeda dalam satu halaman.

Bagaimana jika ingin membuat bingkai yang berbeda dalam satu halaman? Bisa! Dengan menggunakan fitur Breaks kita bisa mengakali penambahan bingkai yang berbeda dalam sastu dokumen. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Buka dokumen yang akan kamu tambahkan bingkai di dalamnya.
  • Pergi ke menu Page Layout, lalu klik drop down Breaks, kemudian pilih Next Page. Setelah kamu menekan next page maka akan muncul sebuah halaman baru.
  • Kembali ke halaman pertama kemudian masih di menu page layout, kamu kil Borders seperti langkah-langkah yang sudah di bagikan di atas. Tentukan border pilihanmu kemudian pada bagian aply to : pilih yang this section. Kemudian kamu bisa langsung klik OK
  • Beralih pada halaman selanjutnya, kamu bisa melakukan langkah seperti barusan dengan memilih jenis border yang berbeda dan jangan lupa untuk memilih This Section pada bagian aply to.

Jika kamu masih kurang jelas atau ragu-ragu dengan lagkah kerja di atas, kamu bisa menyimak video berikut ini untuk lebih jelasnya dan melihat cara kerja menambah border di word 2007 secara lengkap.

Cukup mudah kan cara menambah bingkai di word 2007? simak juga CARA MEMASUKKAN RUMUS DI MS WORD 2007 yang bisa berguna saat kamu sedang membuat soal matematika.

Comments on this entry are closed.