Membuat blog baru lebih mudah daripada mengelolanya

by aries on January 9, 2015

Barusan saya membaca judul dari blog tetangga sebelah begini “Membuat blog baru lebih mudah daripada mengelolanya”. Saya sependapat dengan judul artikel tersebut, hanya saja bagi saya tidak hanya blog saja, apapun itu, perawatan dan pengembangan akan lebih sulit. Kalau istilah bahasa jawanya, iso tuku ra iso ngrumat.

Ya.., sebuah pengembangan blog akan lebih sulit, apalagi jika blog tersebut dikelola oleh satu admin. Pada awal-awal dia akan semangat 45. Bisa update artikel 2-5 perhari, namun seiring dengan berjalannya waktu, dia mulai males dan apalagi jika tujuan dari blog adalah make money online yang hasilnya ternyata tak kunjung sesuai harapan, pasti akan letih dan lesu rasanya. Bagi mereka yang ngaku ngeblog adalah hobi, perlu dipertanyakan jika update artikel pun mulai jarang dan menyiasatinya dengan memanggil guest blogger. Ini adalah cara jitu mendapatkan artikel gratis seperti yang sering saya jumpai. hehehe

Jasa servis komputer panggilan di Magelang

Untuk pengembangan blog yang hanya dikelola oleh satu admin akan terasa berat, apalagi jika dia sudah mulai terjun dibidang usaha lain. Hal ini benar-benar saya rasakan, ketika saya mulai membuka usaha servis komputer, warnet, dkk. Waktu untuk membuat sebuah artikel seperti tidak ada. Karena sudah capek dan lelah. Padahal, dalam pikiran saya masih banyak judul artikel yang harus saya selesaikan.

Untuk itu, buat teman-teman yang berminat menjadi tim dari blog saya ini dan berdomisili di Magelang atau sekitarnya bisa menghubungi saya di 08562939700. Masalah gaji, nanti bisa kita bicarakan langsung saja ya.

Untuk membuat blog, memang tidak perlu sebuah tim. Tapi, untuk pengembangannya kamu perlu tim. Jumlah tim ini menyesuaikan blog yang akan dibikin. Semakin banyak cakupan artikel yang akan dibahas, akan lebih baik jika masing-masing dari satu topik bahasan atau kategori dipertanggungjawabkan oleh satu orang yang ahli dibidangnya. Dengan demikian blog kamu akan tersusun rapi seperti sebuah buku. Blog yang rapi dan sering update artikel, tidak perlu jurus apapun untuk bisa menjadi nomor satu di mbah google atau di mesin pencarian. Karena metode ini adalah teknik seo sederhana yang paling ampuh menurut saya.

Dalam masa pengembangan, sebuah blog belum bisa diharapakan apapun. Artinya jangan terlalu berharap lebih bisa menghasilkan uang. Slow but sure saja. Kurang lebih satu tahun sebuah blog baru bisa diharapakn hasilnya jika memang dibuat dan dikembangkan oleh sebuah tim. Nanti kalau trafik blog sudah bagus, akan sangat mudah untuk mendapatkan iklan tanpa harus daftar menjadi publisher.

Kesimpulan

Untuk membuat blog, kembali dengan tujuan awal. Jika memang untuk make money, berarti kamu butuh tim. Kalau sekedar untuk curhat atau mengisi waktu luang saja tanpa ada kepentingan yang terkait dengan bisnis online, ya.. ini sama seperti sebuah diary pribadi saja.

Comments on this entry are closed.