Memilih Laptop untuk Desain Grafis

by Siti Eka Kurniati on September 30, 2015

Kebanyakan para design grafis mungkin lebih memilih pc dipandingkan laptop alias komputer jinjing. Mengapa? Mereka selalu mengira laptop itu lemot, cepat panas, dan terutama yah.. mahal. Mereka lebih memilih desktop pc yang bisa mereka rakit sendiri. Memang itulah salah satu keuntungan desktop pc, bisa memilih ‘jeroan’ yang mereka inginkan. Bahkan kita bisa menggunakan yang second seperti kartu grafis, RAM card dan yang lainnya.

spesifikasi laptop desain grafis

Tapi, desktop pc tidak compatible apa bila kamu adalah orang yang suka berpergian dan masih harus tetap bekerja. Memang ada hardisk eksternal yang bisa membawa data-data besar jika kita memerlukannya. Tapi, seorang design grafis bukan melulu tentang file mereka, tapi sorftware yang mereka gunakan. Mereka memiliki aplikasi yang tidak sebagian besar komputer umum punya. Jadi, tidak ada jalan lain selain membawa komputer mereka. Namun jangan khawatir, para developer sekarang juga sudah memroduksi laptop dengan spesifikasi mumpuni yang bisa mengimbangi jam kerja para desain grafis.

Apa saja spesifikasi yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk desain grafis? Simak ulasan berikut ini :

 Jenis & Ukuran layar

Namanya juga laptop untuk desain grafis, pastinya harus memiliki layar dengan grafis yang mumpuni. Ukuran besar disini bukan ukuran dalam inch nya, namun lebih kepada ukuran resolusi. Laptop untuk desain grafis memerlukan resolusi tinggi yang biasanya high definition berkisar antara 1000 x 1000 seperti 1366 x 768 atau lebih baik lagi 1600 x 900. Layar  dengan resolusi tinggi akan membuat para desainer nyaman karena terkadang mereka harus membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan dan membutuhkan ruang kerja yang luas. Bagi kamu yang sering bekerja di luar ruangan (outdoor) lebih baik memilih layar yang anti glossy / anti glare.

Kartu Grafis

Pilihlah VGA yang bermemory 1 GB atau 2 GB dan yang off board (dedicated graphic card) yang terpisah dari mother board nya. Mengapa? Karena jika kamu memilih VGA yang built ini (on board) system kerjanya akan mengambil dari memory RAM. Berbeda dengan VGA yang off board yang tidak akan membebani kinerja RAM karena telah memiliki RAM sendiri. Kartu grafis menjadi sangat penting karena dalam sebuah desain grafis, jadi pilihlah yang dengan benar kartu grafismu.

RAM

Sebaiknya kamu memilih RAM dengan kapasitas besar minimal 4 GB atau lebih untuk membantu mempercepcepat proses pengerjaan karena kebanyakan program grafis cenderung berat membutuhkan memory yang banyak dan gampang lag atau malah kadang crash. Dengan kapasitas RAM besar, kamu bisa melakukan multitasking dengan beberapa program grafis secara bersamaan tanpa takut crash dan kehilangan data pekerjaan.

Processor

Pada dasarnya perangkat ini merupakan otak pada sebuah komputer yang berfungsi untuk memproses berbagi kegiatan di komputer. Jadi, untuk laptop desain grafis sebaiknya kamu memilih processor yang memiliki performa  yang kuat, tidak mudah panas. Biasanya para pengguna komputer lebih memilih seri Intel Core, namun bukan berarti prosessor dengan kecepatan tinggi bisa hemat energy. Selain Intel, AMD juga tak kalah untuk dipertimbangkan untuk jadi prosesor desain grafismu.

Itu dia tadi, 4 hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk design grafis. (baca juga : tips membeli ponsel android)

Comments on this entry are closed.