Mengapa Boot Hiren penting buat teknisi komputer?

by aries on September 8, 2014

Bagi seorang teknisi komputer atau laptop, berkutat dengan masalah install Windows 7 atau Windows 8, backup file, mengganti hardware adalah rutinitas yang biasa dijalani setiap hari. Salah satu tool utama yang wajib dimiliki seorang teknisi adalah boot hiren usb atau boot hiren cd. Sebenarnya boot hiren ini tidak hanya penting bagi para teknisi komputer saja, namun juga penting bagi siapa saja yang membutuhkan. Seperti buat kamu yang hobi nguprek alias mengutak atik komputer pasti juga membutuhkan boot hiren ini. Mengapa boot hiren usb ini sangat penting? Berikut adalah pemaparan lengkapnya:

Mengapa Boot Hiren penting buat teknisi komputer?

Sebagai contoh, jika sebuah laptop yang tiba-tiba tidak bisa masuk ke OS Windowsnya, entah itu karena virus atau hal lain dan kebetulan ada file penting di Local Drive C, tentunya file tersebut harus di-back up terlebih dahulu sebelum dilakukan format dan install windowsnya. Nah, kalau kamu tidak punya booot hiren atau sejenisnya, maka hal tersebut tentu sangat merepotkan. Kita harus melepas hardisk laptop tersebut untuk kemudian dikoneksikan ke laptop lain guna mengambil file tersebut. Hal ini tentunya tidak efektif karena kita harus membongkar laptop untuk mengambil hardisk dan membutuhkan kabel konektor hardisk yang biasa dijual di toko komputer dengan harga 50 – 100 ribu tergantung mereknya. Satu lagi, iya kalau kita puya laptop atau komputer lain untuk digunakan, bagaimana kalau hanya memiliki satu laptop saja? kan terpaksa harus pinjam tetangga sebelah. 🙂

Nah, disinilah letak peran penting dari boot hiren. Dengan adanya boot hiren, kita tetap bisa mengoperasikan sebuah laptop atau komputer yang dalam keadaan rusak sistem Windowsnya. Bahkan boot hiren juga bisa digunakan pada laptop yang tidak ada sistem Windowsnya sama sekali (masih kosong). Jika laptop tadi tetap bisa dioperasikan, tentunya memudahkan kita untuk mengambil file tanpa harus melepas hardisknya untuk dikoneksikan ke laptop lain.

Itu adalah salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan dengan boot hiren. Masih ada contoh lain, seperti pada kasus hardisk yang terdapat bad sectornya, maka juga bisa diatasi dengan program atau aplikasi bawaan dari boot hiren. Selain itu, kasus saat Anda lupa password Windows 7, juga bisa diatasi dengan boot hiren. Tapi kalau dalam kasus lupa password untuk Windows XP, tidak harus menggunakan boot hiren untuk menyelesaikannya. Mengenai masalah lupa password Windows akan saya ulas pada sesi berikutnya.

Sekarang setelah kamu tahu betapa pentingnya boot hiren, saatnya memiliki boot hiren cd tersebut. Kalau laptop atau notebook kamu tidak ada CD Roomnya, tinggal burning boot hiren cd ke usb. Untuk cara membuatnya, kamu bisa baca pada artikel “Cara membuat boot hiren usb flashdisk”.

Masih banyak sekali hal-hal penting septuar boot hiren yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, jadi segera miliki boot hiren itu dan rasakan sendiri manfaat pentingnya. Selamat mencoba!

Comments on this entry are closed.