Mengapa Smartphone Tidak Memiliki Recycle Bin? Ini Jawabannya !

by Ummy Tsabit on June 26, 2016

Kita biasanya membersihkan ruang penyimpanan smartphone dengan cara menghapus foto, lagu, dan file-file lain yang tidak begitu penting. Namun,terkadang kita langsung memilih beberapa file sekaligus dan secara tidak sengaja juga memilih file penting dan terlanjur memencet tombol ‘Delete’. Memang, itu sangat disayangkan. File itu akan lenyap. Tapi kenapa? Kenapa di smartphone kita tidak bisa mengembalikan kembali file yang sudah terhapus seperti yang kita lakukan di komputer PC dan Laptop dengan menggunakan fasilitas Recycle Bin? Mengapa smartphone tidak memiliki Recycle Bin?

Mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang langka, namun jika kamu tidak sengaja menghapus file penting seperti Foto atau file kerjaan di kantor maka kamu pasti menyayangkannya dan menanyakan hal yang semacam itu. Sebelum kita membahas tentang jawaban mengenai pertanyaan tersebut, maka terlebih dulu kita ketahui bagaimana cara kerja Recycle Bin di komputer PC:

Cara kerja Recycle Bin di PC

Jadi, saat kamu menghapus sebuah file dari PC, maka secara otomatis akan dikirim ke Recycle Bin. Recycle Bin memang dirancang khusus sehingga kamu bisa mengembalikan kembali file yang sudah terhapus. Dalam rangka mengembalikan file tersebut, filenya seharusnya masih tetap ada di hard disk komputer.  Ya, memang secara visual File Explorer akan menunjukkan peningkatan dalam kapasitas ruang penyimpanan yang bebas, namun kenyataannya adalah file tersebut masih ada di ruang penyimpanan.

Recycle Bin hanya menyimpan referensi dan petunjuk file pada hard disk. Jadi, ketika kamu menekan tombol ‘Restore’ pada file di recycle bin, maka itu akan kembali di lokasi yang sama di mana kamu telah menghapusnya. Itu sebabnya utilitas disk cleanup akan memintamu untuk mengosongkan recycle bin karena file yang dihapus masih mengambil tempat di ruang penyimpanan.

Jawabannya

Jadi, jawabannya sangat sederhana sekali, yakni dikarenakan ruang penyimpanan yang terbatas yang ada di smartphone. Kamu tidak bisa berharap bahwa file yang sudah terhapus masih bisa berada di SD card maupun penyimpanan telepon.

Banyak pengguna yang menyerukan bahkan memohon kepada pabrikan ponsel favorit mereka untuk bisa meningkatkan ruang penyimpanan ponsel. Dan, sebagian mendengarkan hal tersebut namun ada juga sebagian pabrikan yang kejam tetap berpikir bahwa pengguna masih bisa bertahan dengan ponsel berkapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB. Intinya, kenapa smartphone tidak memiliki Recycle Bin? Jawabannya adalah karena mereka tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang mencukupi. Sederhana bukan?

Alternative lain

Jika kamu berpikir bahwa kamu akan bisa bertahan dengan adanya Recycle Bin di ponselmu, maka kamu harus benar-benar memilih aplikasi pihak ke tiga seperti Dumpster. Atau, kamu juga bisa menggunakan layanan cloud untuk mem-backup data datamu. Sebagian besar layanan cloud menyediakan fitur ‘Trash Can’ agar bisa dengan mudah menerima file yang terhapus. Misalnya aplikasi seperti File Explorer memiliki fitur menarik ini.

Comments on this entry are closed.