Mengatasi Error Status 7 Pada Android

by Siti Eka Kurniati on December 29, 2015

Waktu itu saya tengah menginstal ROM pada Android saya. Saya sudah menginstal ROM saya sesuai prosedur yang telah terjamin aman. Namun tidak selamanya yang saya harapkan akan sesuai kenyataan. Walaupun saya telah safety, ternyata tetap ada kendala yang saya temui.

Yang muncul setelah instal ROM itu hanyalah satu layar yang penuh dengan tulisan dan di ujun bawah saya melihat “Status 7” dan diikuti dengan kalimat dibawahnya bertuliskan “Installation Aborted“.

Dari kedua kalimat baris tersebut saya menyimpulkan bahwa saya gagal dalam penginstalan ROM android saya. Kegagalan tersebut menyebabkan Smartphone saya dalam kondisi Brick.

Kesalahan tersebut terjadi karena ROM tidak kompatibel dengan Assert dari Smartphone saya. Assert adalah kode dalam ROM android yang menyebabkan error Status 7. Dan cara yang paling mudah untuk mengatasi Error Status 7 pada Android adalah dengan cara memperbarui CWM Recovery dengan versi yang terbaru. Saya dapatkan CWM Recovery yang terbaru yang bisa di download dari ROM Manager.

Namun jika kamu telah mengupdate CWM Recovery yang terbaru dan masih dalam keadaan Status 7, saya punya alternatif cara mengatasi error status 7 pada android kamu sebagai berikut:

1. Salin dulu ROM kamu ke komputer dan ekstrak menggunakan Winrar.
2. Setelah di ekstrak, masuk ke folder META_INF > COM > GOOGLE > ANDROID
3. Di sini kamu akan menemukan file “updater-script
4. Ubah dulu ekstensi file nya menjadi teks, “updater-script.txt
5. Buka dengan notepad atau wordpad
6. Blok dari tulisan “assert” hingga sebelum tulisan “mount

7. Simpan “updater-script.txt” ubah kemudian menjadi “updater-script
8. Jadikan Zip kembali ROM seperti sedia kala dan install

Apabila kamu mengikuti instruksi diatas dengan benar maka kamu tidak akan menemui error “Status 7” lagi. Karena walaupun kita telah melakukan instal ROM dengan aman namun apabila file ROM kita sendiri membahayakan, maka teteplah waspada. Semoga sukses.

Comments on this entry are closed.