Mengatasi Hp Masuk Air

by Siti Eka Kurniati on September 6, 2015

Banyak orang pernah tidak sengaja menceburkan ponselnya ke dalam air. Entah itu karena lalai saat membawanya ke kamar mandi atau tidak ingat saat ia menyakukan ponsel tersebut dan merka masuk ke dalam air semisal kolam renang atau ke dalam air laut. Atau saat kamu sedang berada di luar ruangan dan tiba-tiba hujan deras turun menyebabkan kamu dan ponselmu basah.

Mengatasi Hp Masuk Air

Air yang masuk ke dalam celah-celah chasing bisa merusak komponen hp yang ada dilamnya dan menyebabkan hp tidak bisa difungsikan lagi karena korsleting. Tidak asyik kan jadinya kalau hp kamu mati hanya karena kamu ceroboh meletakannya? Maka dari itu, jika hp mu terlanjur masuk ke dalam air segera lakukan tindakan berikut ini :

Matikan Ponsel

Segeralah matikan ponsel saat kamu tau hp masuk air dan masih dalam keadaan hidup. Hp yang masuk ke dalam air dan saat diangkat masih dalam keadaan hidup kemungkinan untuk tidak rusak lebih besar. Namun jangan langsung digunakan, segera matikan hp tersebut.

Buka Chasing

Buka chasing hp dan lepaskan juga baterainya baterainya. Hal ini mencegah aliran listrik dari baterai agar tidak terjadi korslet pada perangkat yang basah. Selain baterai, lepas juga SIM card serta memory card dari slotnya. SIM card serta Memory card juga rawan rusak apabila bersentuhan dengan air, jadi demi keselamatan data-data file milikmu segera lepaskanlah kedua benda tersebut apabila ponselmu masuk air.

Keringkan dengan Kain / Lap

Usaplah air yang terlihat di dalam ponselmu dengan sejenis kain, lap atau tisu / bahan yang bisa menyerap air dengan cepat. Keringkan setiap sudut-sudutnya, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk menjangkau sudut sempit. Ada juga yang menyarankan agar hp dikeringkan dengan penyedot debu. Hal ini dilakukan untuk menyedot titi-titik air yang terlanjur masuk ke dalam komponen dan tidak bisa diraih oleh tisu ataupun cotton bud.

Jemur / Panaskan

Jemurlah ponsel beserta baterai ponselmu di bawah sinar matahari selama setengah hari (jika cuaca bagus). Atau jemurlah di bawah sinar lampu selama 2 hari jika cuaca sedang tidak memungkinkan. (tapi jangan sekali-kali memasukkan ponselmu ke dalam microwave!)

Bawa ke Service Center

Jika ketiga langkah di atas sudah kamu lakukan dan ponselmu kembali menyala, maka Selamat! Kamu tidak perlu membeli ponsel baru lagi dan data-datamu terselamatkan. Tapi bagaimana jika menyala tapi terjadi error atau malah tidak menyala sama sekali? Hal yang perlu kamu lakukan adalah pergi ke tukang service, utamakan ke service center yang ada di kotamu.

Jika semua langkah telah kamu praktekan (termasuk membawa hp ke service center), namun hpmu sudah tidak tertolong maka sudah waktunya kamu membeli hp baru. Setidaknya kamu sudah berusaha melakukan first aid pada hpmu. Nah.. untuk mencegah terjadinya peristiwa yang sama, kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli PONSEL YANG TAHAN AIR.

 

Comments on this entry are closed.