Mengatasi Smartphone yang Freeze dan Crash

by Siti Eka Kurniati on December 18, 2015

Smartphone yang mempunyai kinerja cukup tinggi akan menyebabkan Prosessor Android dipaksa untuk optimal dalam beroperasi. Dan tak akan lepas juga dari beberapa masalah yang akan terjadi selain prosesor panas. Dan aplikasi akan berjalan secara tidak normal.

Kemungkinan yang akan terjadi antara lain ada beberapa hal yang tidak kompatibel dengan Smartphone anda adalah Freeze dan Crash.

Freeze

Freeze adalah suatu kondisi dimana Smartphone anda akan tetap mengeluarkan suara tetapi kondisi tampilan tidak bergerak. Kondisi seperti ini hampir menyerupai hang. Hang menyebabkan Smartphone dalam kondisi berhenti tetapi prosesor masih bekerja.

Crash adalah kondisi saat Smarphone anda terhenti secara mendadak dan mengakibatkan aplikasi yang anda jalankan untuk berhenti secara otomatis. Kondisi ini hamper mirip Force Close tetapi tidak ada notifikasi terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi pada Smartphone. Dan cara mengatasi Smartphone yang Freeze dan Crash, antara lain.

1. Restart Smartphone

Cara ini adalah alternatif pertama dan sering dilakukan oleh banyak orang. Kamu hanya tinggal mematikansmartphone, kemudian nyalakan ulang. Sebagian permasalahan masih bisa diatasi dengan cara ini.

2. Cek Sistem Update

Sistem operasi yang bisa dikatakan sudah tua tidak optimal dalam menjalankan aplikasi yang terus diperbarui setiap waktu. Update system memerlukan internet yang stabil karena file nya bisa mencapai ratusan MB.

3. Cek Update Aplikasi

Aplikasi dengan versi yang lama juga bisa menyebabkan kegagalan, untuk itu kita perlu mengecek update aplikasi yang mengalami permasalahan seperti Freeze dan Crash.

4. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan tentunya menyebabkan Smartphone memiliki traffic operasi yang tinggi. Dan bukan tidak mungkin satu aplikasi dengan aplikasi lain saling bertolak belakang sehingga akan menyebabkan Freeze dan Crash.

5. Kurangi Penggunaan Memory

Kapasitas penyimpanan yang terlalu penuh juga berdampak pada permasalahan seperti Freeze dan Crash. Karena dimungkinkan aplikasi tidak cukup untuk membuat cookies dan cache, Maka aplikasi tersebut akan Freeze dan Crash.

6. Safe Mode

Masuklah ke dalam Safe Mode, tiap Smartphone mempunyai cara yang berbeda untuk mengakses Safe Mode.Dan setelah masuk Safe Mode, lihatlah apakah permasalahan Freeze dan Crash masih terjadi atau tidak. Apabila permasalahan teratasi dengan Safe Mode maka hapuslah aplikasi yang baru saja diinstal. Dan masuklah ke mode normal, Freeze dan Crash akan teratasi.

Apabila permasalahan masih berlanjut maka hubungilah Galeri terdekat dan konsultasikan permasalahan anda, Dan jangan lupa tetap cernat dalam mengatasi Freeze dan Crash.

Comments on this entry are closed.