Mengatasi Tulisan Kotak Kotak di Android

by Bayu Afrizal on December 19, 2015

Dalam Smartphone terdapat tulisan yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari Android kepada kita. Namun jika tulisan tidak bisa kamu baca dan tidak bisa dimengerti tentu akan bikin kamu bingung. Apa sih maunya nih hape?. Mungkin sebagian kita pernah mengucapkan hal seperti itu.

Nah, disini kita akan bahas tentang mengatasi tulisan kotak kotak di Android. Apabila kamu pernah mengalaminya pasti akan melihat bentuk tulisan tidak jelas tersebut. Tenang itu bukan terjadi masalah pada Prosesornya. Permasalahannya adalah karena font tidak terdeteksi oleh Dictionary. Dictionary sendiri berarti kamus, namun yang kita maksud disini adalah kosakata. Karena Android kamu belum menguasai kosakata tertentu, maka akan terlihat hanya tulisan kotak kotak.

Jangan panic kita punya cara untuk mengatasinya, tapi ingat Android anda perlu di root terlebih dahulu. Seperti ini langkahnya mengatasi tulisan kotak kotak di android :

  1. Downloadt & Install Root Explorer di sini
  2. Download Font Droidsans Fallback by Ihint di sini
  3. Tempatkan Font di tempat yg mudah di ingat.
  4. Masuk ke Root explorer>>SD Card>> dan cari dimana Font hasil download di simpan
  5. Kalau sudah ketemu, tekan dan tahan Font sampai muncul menu pilihan..dan pilih copy
  6. Keluar dari folder SD Card,cari & masuk ke folder System>>Fonts
  7. kalau ada peringatan paste di larang, cek ke layar bagian atas ada tombol mount R/O or mount R/W
  8. setelah berhasil paste, jangan keluar dulu dari folder Fonts..cari Droidsansfallback hasil copy paste tadi, tekan dan tahan lagi sampai keluar menu pilihan.
  9. pilih Permissions dan untukĀ  owner check list >> Read&Write aja.. Group check list>> Read aja Others check list>> Read aja.
  10. Selesai silahkan keluar dari root explorer dan Reboot/restart Hp nya.

Jika kamu masih kesulitan mengikuti langkah diatas, maka masih ada alternatif lain. Alternatif lainnya adalah kamu harus download font di PlayStore satu per satu sampai tulisan kotak kotak berubah menjadi tulisan yang lebih jelas. Dan akan memakan waktu lebih lama jika kamu tidak bisa memperkirakan tulusab apakah yang kotak-kotak tersebut.

Semoga membantu dan jangan lupa untuk melakukannya dengan resiko yang kamu tanggung sendiri. Tapi kami siap membantu bila ada permasalahan.

Comments on this entry are closed.