Mengatasi Virus di Android

by Siti Eka Kurniati on September 18, 2015

Jika smartphonemu mengalami PEMBOROSAN KUOTA yang tidak wajar padahal kamu tidak menggunakannya untuk aktifitas download berlebihan atau streaming, atau BATERAI ANDROID CEPAT HABIS, bisa jadi smartphone milikmu terjangkit virus.

mengatasi virus di android

Virus memang sangat merugikan bagi kita saat menggunakan perangkat gadget. Kinerja smartphone yang jadi lambat adalah salah satu hal yang menjengkelkan dari virus. Nah, jika kamu sudah melakukan PENCEGAHAN TERHADAP VIRUS DI ANDROID namun masih ada virus membandel yang menyerang smartphone android, lakukan langkah-langkah berikut untuk menghapus virus di android.

Install Antivirus

Selain bisa melakukan pencegahan terhadap masuknya virus ke android, antivirus juga bisa membasmi virus yang sudah terlanjur bersarang di smartphone. Antivirus akan melakukan scaning pada perangkatmu dan akan mendeteksi virus yang menjangkiti system atau yang berada di aplikasi. Antivirus akan otomatis membasmi virus di system dan akan mengkonfirmasi padamu apabila ada aplikasi yang mengandung virus hingga kamu bisa mengambil keputusan untuk menguninstall aplikasi tersebut. Pilihlah aplikasi antivirus yang sudah terpercaya dan terkenal ampuh dalam kinerjanya. Kamu bisa melihat review serta mendownloadnya disini.

Uninstall Aplikasi Bermasalah

Copotlah pemasangan aplikasi yang telah terdeteksi virus oleh antivirus. Juga aplikasi yang sering memunculkan iklan secara terus menerus. Iklan yang sering muncul teresebut akan mengkonsumsi memory RAM karena terus berjalan di running backround jika kita tidak menutupnya secara benar dan itu akan memperlambat kinerja smartphone, membuatnya jadi lola.

Factory Reset

Langkah ini diambil apabila keadaan smartphone sudah terlalu parah. Factory reset artinya kembali ke pengaturan pabrikan, jadi kamu akan mendapatkan kembali pengaturan seperti sedia kala saat kamu membeli smartphone itu pertama kali. Sebelum melakukan opsi ini, lebih baik kamu membackup datamu terlebih dahulu karena langkah ini akan menghapus seluruh data serta aplikasi yang telah dibuat. Kamu bisa melakukan factory reset (soft reset) dengan masuk ke menu pengaturan lalu cari backup and reset (buat cadangan dan setel ulang). Jika virus sudah menyerang smartphone dengan ganas dan perangkat sudah tidak bisa menerima input sentuhan maka kamu harus melakukan hard reset. Cara hard reset tiap merk smartphone android berbeda-beda, ada kombinasi tombol tertentu yang harus kita tekan (baca : cara hard reset Asus Zenfone 5). Jikapun dengan hard reset smartphonemu masih bermasalah maka langkah terakhir adalah dengan melakukan flashing (menginstall kembali OS Android). (baca : cara flash & firmware Samsung s5 replika)

Comments on this entry are closed.